Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Dukung Pilkada Aman dan Sehat, Banser Sidoarjo Bantu Jaga TPS

Dukung Pilkada Aman dan Sehat, Banser Sidoarjo Bantu Jaga TPS
Banser Satkoryon Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo dalam giat pengamanan Pilkada dan Protokol kesehatan di TPS yang ada di 18 desa se-Kecamatan Tanggulangin, Rabu (09/12/2020). (Foto: NOJ/Yuli Riyanto).
Banser Satkoryon Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo dalam giat pengamanan Pilkada dan Protokol kesehatan di TPS yang ada di 18 desa se-Kecamatan Tanggulangin, Rabu (09/12/2020). (Foto: NOJ/Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur hari ini Rabu (09/12/2020) menggelar pemilihan bupati dan wakil bupati. Diharapkan seluruh masyarakat dapat ikut serta mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini.

 

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun ini memang digelar dalam kondisi pandemi Covid-19. Oleh karenanya diterapkan protokol kesehatan secara ketat bagi masyarakat yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sidoarjo H Rizza Ali Faizin menginstruksikan seluruh jajarannya guna membantu TNI-Polri dalam pengamanan Pilkada dan Protokol kesehatan (Prokes) dengan memakai Pakaian dinas lapangan (PDL) lengkap dan baret.

 

“Kami juga ingin memastikan pemungutan suara berjalan lancar dan masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Kami instruksikan kepada seluruh pimpinan Ansor se-Kabupaten Sidoarjo untuk ikut aktif dan kawal proses pemungutan suara,” kata H Rizza kepada NU Online Jatim.

 

Lebih lanjut ia menegaskan, anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang diterjunkan juga sekaligus merupakan Satgas Antipolitik Uang yang telah di deklarasikan oleh pengurus PC GP Ansor Sidoarjo beberapa waktu lalu.

 

“Satgas tersebut melakukan aksi di 18 kecamatan. Setiap satu kecamatan akan ada sekitar 30 Satgas yang bergerak mengelilingi  TPS yang ada di desa-desa se-Kabupaten Sidoarjo. Dimanapun ada gerakan money poltic, maka akan segera dilaporkan kepada Bawaslu Sidoarjo,” tegasnya.

 

Dirinya memberikan apresiasi kepada anggota Banser yang dengan ikhlas turut berpartisipasi dalam pengamanan Pilkada. “Ketika yang lainnya mendapatkan gaji, Banser tulus mengabdi untuk negeri. Kami berharap Pilkada Sidoarjo berjalan lancar dan tetap sehat serta menghasilkan Pilkada yang bermartabat, sehingga terpilih pemimpin yang hebat,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Kecamatan Tanggulangin Abdul Muid Syarifudin Amin saat dikonfirmasi secara terpisah mengemukakan, bahwa dalam rangka melaksanakan instruksi ketua PC GP Ansor Sidoarjo, anggotanya telah diterjunkan menjaga dan patroli keliling TPS yang ada di 18 desa se-Kecamatan Tanggulangin.

 

“Kami menerjunkan tujuh orang anggota Banser, yang satu orang PAM TPS di Desa Penatarsewu. Sedangkan yang lainnya patroli keliling TPS yang ada di 18 ranting atau desa se-Kecamatan Tanggulangin dengan menggunakan mobil operasional Banser,” ujar Muid, sapaan akrabnya.

 

 

Dijelaskannya, warga setempat memberikan respon yang cukup baik atas giat pengamanan Pilkada yang digelar oleh Satkoryon Banser Tanggulangin. Masyarakat yang datang ke TPS juga masih tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

“Alhamdulillah, Pilkada di Kecamatan Tanggulangin berjalan aman dan tertib. Sejauh ini tidak ditemukan politik uang di TPS-TPS yang dikelilingi anggota kami,” pungkasnya.

Editor: Romza

PWNU Jatim