Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Evaluasi Program Kerja, Fatayat NU di Bangkalan Berdayakan Perempuan untuk Indonesia Maju

Evaluasi Program Kerja, Fatayat NU di Bangkalan Berdayakan Perempuan untuk Indonesia Maju
Pengurus Fatayat NU Konang, Bangkalan, Madura. (Foto: NOJ/rof)
Pengurus Fatayat NU Konang, Bangkalan, Madura. (Foto: NOJ/rof)

Bangkalan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Konang, Kabupaten Bangkalan, Madura mengadakan evaluasi program kerja, Selasa (22/12/2020). Kegiatan yang digelar di Al-Madani Cafe dan Resto Tanjung Bumi, Bangkalan tersebut mengangkat tema 'Perempuan Berdaya, Indonesia Maju'.

 

Siti Romlah, Ketua Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU Konang selaku perwakilan peserta menyampaikan bahwasanya Fatayat NU berkeinginan untuk memiliki usaha mandiri.

 

"Kami ingin mempunyai usaha mandiri, penghasilan sendiri, dan semua anggota ranting mempunyai produk andalan yang nantinya akan menjadi brand ambassador Fatayat NU Konang," katanya.

 

Menurutnya, hal ini adalah sebuah upaya meningkatkan kemandirian jamiyah melalui pemberdayaan ekonomi di tingkat ranting.

 

"Salah satu langkahnya dengan mengadakan kegiatan semacam pelatihan kewirausahaan dalam rangka memberikan motivasi dan peluang bisnis," ucap perempuan yang akrab disapa Ning Romlah tersebut.

 

Dirinya juga memberikan gambaran terkait peluang bisnis yang potensial.

 

"Kita bisa memanfaatkan ikan lele dengan diproduksi menjadi berbagai macam olahan makanan, diantaranya nugget lele, pentol lele, siomay lele, dan lele krispi," jelasnya.

 

Ketua PAC Fatayat NU Konang, Ida Rosyidah berharap upaya ini bisa membuat kader-kader Fatayat NU nyaman dalam berorganisasi.

 

"Saya berharap kepada setiap pengurus ke depan bagaimana caranya membuat organisasi ini lebih nyaman bagi kader dan anggotanya," tutur Ning Ida.

 

Setelah itu, Fatayat NU bisa melaksanakan program yang bisa menarik minat masyarakat untuk bergabung dengan Fatayat NU.

 

"Setelah kenyamanan tercapai, para pengurus bisa membuat program yang dapat menarik minat masyarakat untuk bergabung dengan Fatayat NU," terangnya.

 

Dirinya melanjutkan, bahwa Fatayat NU juga harus mampu menjawab segala permasalahan masyarakat. 

 

"Fatayat NU juga harus bisa menjadi solusi atas permaslahan masyarakat, yaitu dengan melihat pokok permasalahan yang sedang dihadapi, seperti pemberdayaan di bidang ekonomi ini. Sehingga keberadaan Fatayat NU mampu melakukan pendampingan dan penggerak roda perekonomian jamiyah dan jamaah," pungkasnya.

 

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim