Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Fakultas Sains dan Teknologi UINSA Sabet Lima Prestasi Internasional

Fakultas Sains dan Teknologi UINSA Sabet Lima Prestasi Internasional
Salah satu juara pada ajang IICYMS yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung. (Foto: NOJ/ISt)
Salah satu juara pada ajang IICYMS yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung. (Foto: NOJ/ISt)

Surabaya, NU Online Jatim

Indonesian Young Scientist Association (IYSA) adalah suatu Lembaga yang bergerak dalam mengembangkan potensi, bakat, dan kreativitas mahasiswa Indonesia. Keberadaannya memberikan kesempatan untuk mengikuti kompetisi ilmiah dan non-kompetitif serta kegiatan di dalam dan luar negeri. IYSA aktif di berbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Singapura, China, India Taiwan, Turki, Tunisia, Mesir, Abu Dhabi dll.

 

“Tahun 2021, IYSA mengadakan International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS) yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung dan diikuti mahasiswa dan pelajar di seluruh dunia,” kata Evi Fatimatur Rusydiyah, Senin (05/07/2021).

 

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) tersebut menjelaskan bahwa selama kegiatan berhasil mendapatkan lima penghargaan

 

“Pertama adalah gold medal of computer science university and macedonian award dengan judul Heart Disease Diagnosis System Using Adaptive Neuro Fuzzy Inference System atau Anfis,” jelasnya.

 

Untuk kategori ini kelompok yang terlibat adalah Unix Izyah Arfianti, Indah Nur Maulidah, Irkhana Indaka Zulfa. Mereka adalah mahasiswa program studi matematika Fakultas Sains dan Teknologi UINSA dengan pembimbing Dian Candra Rini.

 

Kedua adalah gold medal of computer science university and union of Arab academic special award dengan judul Classification Of Covid-19 Disease Based On Lung X-Ray Data Using Support Vector Machine Method.

 

“Tim yang terlibat adalah Tri Mar'ati Nur Utami, Eka Alifia Kusnanti, serta Rizqa Fiany Zein. Zulfa yakni mahasiswa prodi matematika Fakultas Sains dan Teknologi dengan pembimbing Dian Candra Rini N,” ungkapnya.

 

Berikutnya silver medal of computer science university dengan karya Do Level Depression of The Final-Year Student Increasing During The Covid-19 Pandemic?. Nama kelompok yang terlibat adalah Alfi Nur Fitri Ali Hasby, Maya Febriani Valentina, Diana Wulan Septyananda Zulfa yang semuanya merupakan Mahasiswa prodi matematika Fakultas Sains dan Teknologi UINSA yang dibimbing Dian Candra Rini N.

 

Sedangkan keempat yakni silver medal of pure science mathematics university category and rector award dengan karya berjudul COVID-19 Cases Prediction with Polynomial Regression and ARIMA (Case Study in Indonesia). Karya dikerjakan oleh Nabila Tasya Amalia, Huda Febrianto Nurrohman, Daffa Nur Cholis Zulfa dari prodi matematika Fakultas Sains dan Teknologi dengan Pembimbing Dian Candra Rini N.

 

“Terakhir adalah Silver Medals Biology Category dengan karya berjudul Potential of seagrass in remediating heavy mental and its conservation efforts,” katanya. Karya ini dikerjakan Alfin Fatwa Mei Afifudin dan Ziadatur Rizqiyah yang merupakan mahasiswa prodi biologi Fakultas Sains dan Teknologi dengan Pembimbing Esti Tyastirin.

 

Evi Fatimatur Rusydiyah memberikan selamat kepada para pemenang, pembimbing dan kepala program studi matematika dan biologi.

 

“Kami akan mengusahakan hadiah dari fakultas dan universitas,” ungkapnya.

 

Yusuf Amrozi  selaku wakil dekan bagian kemahasiswaan juga memberikan ucapan selamat dan berharap prestasi tersebut menjadikan inspirasi kepada mahasiswa lain.

 

Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Masdar Hilmy juga memberikan selamat dan akan mengusahakan hadiah yang layak kepada pemenang.

 

Dan dalam kesempatan terpisah, Abdulloh Hamid selaku Sekretaris Prodi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel memberikan ucapan bangga sekaligus haru buat para pemenang.

 

“Persiapan yang baik akan menghasilkan yang baik pula,”  katanya.


Editor:
F1 Bank Jatim