Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Fatayat NU, Gusdurian dan Universitas Qomaruddin Gresik Bangun Posko Lawan Covid-19

Fatayat NU, Gusdurian dan Universitas Qomaruddin Gresik Bangun Posko Lawan Covid-19
Posko Bersama Gresik Lawan Covid-19 siap menyalurkan bantuan kepada warga. (Foto: NOJ/Jauhari Utomo)
Posko Bersama Gresik Lawan Covid-19 siap menyalurkan bantuan kepada warga. (Foto: NOJ/Jauhari Utomo)

Gresik, NU Online Jatim
Jaringan Gusdurian yang tergabung dalam Gusdurian Peduli bekerja sama dengan Universitas Qomaruddin Gresik membangun Posko Bersama Gresik Lawan Covid-19. Keberadaannya sebagai sentral bantuan masyarakat terdampak Covid-19 di kawasan setempat.

 

Posko bantuan dipusatkan di gedung Universitas Qomaruddin, Desa Bungah, Kecamatan Bungah. Fungsinya sebagai pusat pendistribusian bantuan untuk warga yang terdampak Covid-19, sekaligus sebagai posko pengaduan serta edukasi tentang pencegahan dan memutus mata rantai penularan virus Corona.

 

Nur Khosyiah, salah satu pengurus dari Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Gresik menyatakan posko tersebut dibentuk sebagai bentuk kepedulian dan sikap siaga terhadap Pandemi Covid-19 yang melanda saat ini.

 

“Kami bertekad mendirikan posko tersebut bersama saudara-saudara lainnya sebagai wujud kepedulian terhadap wabah pandemi Covid-19 yang ada kini,” kata Nur Khosyiah, Selasa (12/5).

 

Abdul Muiz selaku koordinator posko Gusdurian Gresik menyatakan bahwa pendirian ini sesuai prosedur yang berlaku serta sebagai sarana edukasi dan pencegahan. Posko tersebut juga menerima dan menyalurkan bantuan bagi warga terdampak Covid-19.

 

“Kami mendirikan posko ini sesuai prosedur yang telah ditetapkan seperti menyediakan tempat cuci tangan, memakai masker, jaga jarak, dan selalu mengampanyekan ini untuk sarana edukasi dan pencegahan terhadap pandemi Covid-19 yang melanda,” ujarnya.

 

Mengenai bantuan, Muiz menjelaskan saat ini sudah datang sebanyak 100 paket sembilan bahan pokok atau Sembako yang berasal dari berbagai kalangan dan bakal dibagikan kepada masyarakat di 5 kecamatan.

 

“Untuk tahap awal bantuan sudah datang 100 paket Sembako yang bakal kita bagikan di 5 Kecamatan, pendistribusian akan dimulai hari ini, Rabu,” terangnya.

 

Adapun sasaran penerima yakni setiap warga miskin Gresik yang terdampak Covid-19 dan sebelumnya tidak menerima bantuan dari Program Keluarga Harapan atau PKH, BPNT maupun bantuan sosial lain.

 

Moh Maghfur, Wakil Rektor Universitas Qomaruddin Bidang Akademik dan Sistem Informasi menyampaikan, pihaknya sangat mendukung dengan kegiatan kemanusiaan di tengah pandemi ini.

 

“Kami sangat mendukung aksi kemanusiaan yang sangat positif ini dan sudah menyiapkan tambahan bantuan yang akan disalurkan berupa 200 masker, insya allah akan kami tambah lagi,” ungkapnya.

 

Selain Fatayat NU, Gusdurian, dan Universitas Qomaruddin, posko ini  juga bekerja sama dengan Formagam, Yayasan Baitul Islah, iFORTE dan FNKSDA.

 

Oleh: Jauhari Utomo
Editor: Syaifullah
 

F1 Promosi Iklan