• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Matraman

Fatayat NU Madiun Kirim 1000 Makan Malam untuk Longsor Nganjuk

Fatayat NU Madiun Kirim 1000 Makan Malam untuk Longsor Nganjuk
Seribu porsi makan malam dikirim ke posko penampungan tanah longsor dan banjir Nganjuk oleh PC Fatayat NU Kabuoaten Madiun. (Foto: NOJ/Mirna NA)
Seribu porsi makan malam dikirim ke posko penampungan tanah longsor dan banjir Nganjuk oleh PC Fatayat NU Kabuoaten Madiun. (Foto: NOJ/Mirna NA)

Madiun, NU Online Jatim

Musibah banjir dan tanah longsor yang menimpa warga di kawasan Nganjuk memantik aksi sosial bagi sejumlah kalangan. Tujuannnya tentu saja meringankan beban, apalagi para korban tengah berada di penampungan.

 

Kali ini, setidaknya seribu porsi makan malam disalurkan oleh Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Madiun. Bantuan diberikan untuk korban bencana alam banjir dan tanah longsor melalui PC Fatayat NU Kabupaten Nganjuk.

 

Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Madiun, Ummu Habibah beserta perwakilan pengurus mengantar langsung bantuan makan malam ke posko Fatayat NU Kabupaten setempat, Selasa (16/02/2021). Selanjutnya, bantuan didistribusikan kepada masyarakat terdampak.

 

Bantuan makan malam diberikan kepada pengungsi dari Dusun Pagolan, Desa Sendangbumen, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk. Saat ini korban bencana banjir dari desa setempat mengungsi di Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Berbek dan berjumlah 800 orang.

 

“Kami berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam banjir dan tanah longsor di Kabupaten Nganjuk,” kata Ummu, sapaan akrabnya.

 

Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari tuntunan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Bahwa sesuai dengan tuntunan kepada umatnya untuk selalu memberi kasih sayang dan perhatian kepada sesama.

 

“Maka ini bentuk perhatian kami kepada cabang Fatayat NU tetangga, yakni PC Fatayat NU Kabupaten Nganjuk,” tuturnya.

 

Dalam pembagian seribu porsi makan malam ini, anggota Fatayat NU se-Kabupaten Madiun turut aktif dalam pengumpulan dana. Juga pengolahan bahan makanan untuk disalurkan kepada korban banjir dan tanah longsor.

 

Hingga kini mereka telah berhasil mengumpulkan dana dari donatur, iuran sukarela pengurus, Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Ranting Fatayat NU se-Kabupaten Madiun.

 

”Kami mengumpulkan dana dari donatur, iuran sukarela pengurus, PAC dan Ranting Fatayat NU se-Kabupaten Madiun. Kemudian hasil iuran dibelikan bahan makanan yang diolah oleh catering Fatayat NU,” jelasnya.

 

Ummu juga mengapresiasi kepedulian anggota terhadap tanggap bencana. Kegiatan sosial berbagi kepada sesama bermanfaat bagi penerima bantuan dan bagi kalangan sendiri dalam memupuk kesolidan dan kebersamaan antaranggota.

 

”Kegiatan ini juga untuk meningkatkan hubungan atau solidaritas anggota Fatayat NU se-Kabupaten Madiun,” pungkasnya.

 

Penulis: Mirna Nur Asyiah

Editor: Syaifullah


Editor:

Matraman Terbaru