• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Matraman

Fatayat NU Trenggalek Adakan Pelatihan Fotografi dan Videografi

Fatayat NU Trenggalek Adakan Pelatihan Fotografi dan Videografi
Pelatihan fotografi dan videografi yang diadakan PC Fatayat NU Trenggalek. (Foto: NOJ/ Marisa Khoirila).
Pelatihan fotografi dan videografi yang diadakan PC Fatayat NU Trenggalek. (Foto: NOJ/ Marisa Khoirila).

Trenggalek, NU Online Jatim

Guna meningkatkan keterampilan masyarakat, Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Trenggalek mengadakan Workshop Fotografi dan Videografi. Kegiatan yang bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemnaker) bertajuk "Pembekalan Penciptaan Wirausaha Baru melalui Terapan Teknologi Tepat Guna".

 

Acara yang dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Hidayatulloh Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek ini berlangsung selama 3 hari, yakni sejak hari Jumat-Ahad (11-13/12/2020).

 

Idamatul Khoiriyah, Sekretaris PC Fatayat NU Trenggalek mengatakan, pelatihan ini bertujuan memberikan semangat kewirausahan bagi masyarakat. Selain itu juga sebagai inovasi wirausaha baru yang mengikuti zaman.

 

"Kalau mereka semangat berinovasi dan terus berkembang dalam bidang ekonomi, maka ekonomi masyarakatnya bisa makmur," ungkapnya.

 

Dalam pelatihan fotografi dan videografi ini, Kemnaker menyediakan peralatan yang diperlukan. "Kita sudah disediakan oleh Kemanker yang nantinya bisa dipakai bersama," ujar Ida.

 

Ada 3 materi yang disampaikan kepada peserta pelatihan. Diantaranya motivasi wirausaha sukses, kebijakan pemerintah tentang pengembangan terapan teknologi tepat guna, dan yang terakhir adalah praktik. Adapun salah satu pemateri yakni dari tim Kemnaker.

 

"Bapak Adi Nalapruja yang memberikan materi kedua, sedangkan yang pertama dari Dewan Pengawas Syariah Bank Mikro Hidayatulloh, saya sendiri. Kemudian untuk praktiknya dari Creative Media Balai santri Hidayatulloh," jelasnya.

 

Diadakannya pelatihan ini diharapkan memberikan manfaat besar bagi masyarakat khususnya  Fatayat NU Trenggalek di bidang ekonomi dan media sosial.

 

"Selain dagangan, mereka lebih kreatif dengan promosi yang menarik. Mereka juga bisa memanfaatkan media untuk berdakwah. Seperti peribahasa, sekali dayung, dua pulau terlampaui," beber Ida.

 

Selain itu, selanjutnya diharapkan terbentuk kelompok usaha supaya masyarakat maupun kader Fatayat bisa lebih mandiri. "Harapan saya teman-teman tidak berhenti di sini, terus berkembang dan belajar hingga menjadi kelompok usaha yang eksis dan menjadi wirausaha yang mandiri," ungkapnya.

 

 

Sementara itu, Hj Nadhirotul Ulfa Ketua PC Fatayat NU Trengglek mengingatkan peserta supaya semakin memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi dengan baik. Serta memberikan manfaat untuk masyarakat.

 

"Saya harap dengan adanya pelatiha  ini dapat meningkatkan kompetensi teman-teman Fatayat NU Trenggalek untuk mampu menggunakan IT supaya bisa memberikan nilai kemanfaatan. Sehingga mampu menerapkan pengetahuan fotografi dan video dalam peningkatan kualitas kehidupan para kader Fatayat NU di Trenggalek," ungkap Ulfa.

 

Penulis : Marisa Khoirila

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru