Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Fatayat NU Tulungagung Bantu Air Bersih Warga Terdampak Tanah Longsor

Fatayat NU Tulungagung Bantu Air Bersih Warga Terdampak Tanah Longsor
PC Fatayat NU Tulungagung saat menyalurkan bantuan air bersih kepada warga terdampak tanah longsor di Kecamatan Sendang, Tulungagung. (Foto: NOJ/PH).
PC Fatayat NU Tulungagung saat menyalurkan bantuan air bersih kepada warga terdampak tanah longsor di Kecamatan Sendang, Tulungagung. (Foto: NOJ/PH).

Tulungagung, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tulungagung terus menunjukan kepedulian kepada warga. Kali ini, organisasi perempuan muda NU tersebut menyalurkan air bersih kepada warga terdampak bencana tanah longsor di Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung.

 

"PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung mendapatkan laporan dari kader di wilayah setempat, bahwa bencana tanah longsor yang terjadi Kamis (17/06/2021) lalu mengakibatkan kerusakan pada pipa penyalur air bersih," kata Siti Kusnul Kotimah, Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung, Sabtu (19/06/2021).

 

Mendengar informasi tersebut, pihaknya langsung gerak cepat mengajak para kader untuk membantu warga terdampak bencana. Mengingat, air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting.

 

Menurut Kusnul, sapaan akrabnya, bantuan tersebut diperoleh dari swadaya kader dan seorang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tulungagung, Yuli Nadhifah Triswati.

 

“Setelah terkumpul kemudian dibelikan 10 tangki air bersih yang dikirim ke warga terdampak," imbuh mantan Ketua PC Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Tulungagung tersebut.

 

Kusnul menambahkan, bantuan 10 tangki air bersih merupakan bantuan awal. Direncanakan akan ada bantuan lain dari Fatayat NU Tulungagung yang akan disalurkan kepada warga terdampak di kecamatan yang dikenal dengan produk susu sapinya tersebut.

 

"Sementara kami salurkan 10 tangki air bersih terlebih dahulu. Mengingat itu merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan warga,” ungkap Kusnul.

 

Di lokasi terdampak, Fatayat NU Tulungagung juga melakukan pengecekan soal kebutuhan warga. Hal ini agar bantuan yang dikirimkan sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat.

 

"PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan bantuan, tentunya dengan bekerjasama dengan berbagai pihak," tuturnya.

 

 

Katiyem, salah satu warga terdampak bencana tanah longsor mengucap terima kasih dan apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung.

 

"Air bersih merupakan bantuan tepat guna yang diberikan secara langsung oleh Fatayat NU dengan cepat. Matursuwun Fatayat NU," kata Katiyem saat antri mendapatkan air bersih.

 

Editor: A Habiburrahman

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9