Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Gandeng PMI dan RSKM, Ansor Mojokerto Gelar Donor Darah untuk Kemanusiaan

Gandeng PMI dan RSKM, Ansor Mojokerto Gelar Donor Darah untuk Kemanusiaan
Proses pengambilan darah. (Foto: NOJ/IN)
Proses pengambilan darah. (Foto: NOJ/IN)

Mojokerto, NU Online Jatim
Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota Mojokerto menggelar bakti sosial donor darah berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Rumah Sakit Kamar Medika (RSKM). Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Mojokerto, Kamis (11/3/2021).

 

Kegiatan donor darah ini sebagai rangkaian peringatan Hari Lahir (harlah) NU, Isra' Mi'raj dan juga Konferensi Anak Cabang (Konferancab) serentak Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor) se-Kota Mojokerto. Selain itu, donor darah tersebut sebagai wujud napak tilas para syuhada GP Ansor yang sudah berjuang mencucurkan darah dan memberikan nyawa demi kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

 

"Kami tergerak untuk memberikan setetes harapan dengan mendonorkan darah untuk kemanusiaan dan masyarakat yang membutuhkan," kata Ketua Pelaksana, Muhammad Subhan usai pelaksanaan donor darah. 

 

Dikatakan, momentum Isra' Mi'raj ini seyogyanya disambut dengan suka cita serta berharap diperingati dengan acara yang meriah sebagai rasa syukur.

 

"Namun dalam kondisi pandemi Covid-19 ini di mana semua kegiatan yang mengundang banyak massa tidak diperkenankan, terpaksa kita peringati dengan sederhana tapi tak menghilangkan substansinya," jelas Subhan.

 

Kendati demikian, pihaknya tetap ingin sekali memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat, bangsa, dan negara, salah satunya melakukan donor darah.

 

"Darah yang sudah kita berikan belum sebanding dengan perjuangan para senior kita dan para syuhada pejuang Ansor di masa lalu," terangnya.

 

Dimas Hariyadi selaku perwakilan dari PMI mengatakan bahwa pihaknya menyediakan 100 paket sembako bagi yang mengikuti proses donor darah ini. 

 

"Alhamdulillah, banyak sedikit darah yang kita hasilkan hari ini bisa bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan. Kami juga siap mendukung kegiatan Nahdlatul Ulama yang berhubungan dengan PMI," ujar Humas PMI ini kepada NU Online Jatim.

 

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor kota Mojokerto, Ahmad Saifulloh, sangat mengapresiasi kegiatan donor darah yg dilaksanakan Satkorcab Banser Kota Mojokerto ini, sebagai bentuk kepedulian dan bakti sosial kami di bidang kesehatan masyarakat. Terlebih di tengah situasi dan kondisi pandemi Covid-19. Ia berharap, kegiatan ini bisa menumbuhkan kesadaran, khususnya bagi kader Ansor Banser dan umumnya bagi masyarakat bahwa saling membantu dan gotong royong itu jati diri kita warga Indonesia.

 

"Secara khusus, kegiatan ini bertujuan membantu PMI dalam upaya memenuhi kebutuhan stok darah, khususnya di wilayah mojokerto. Karena bisa jadi setetes darah yang kita berikan, bisa berarti untuk menyelamat yang lainnya," tandas pengusaha Makopi ini.

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim