Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Gebyar Harlah ke-98 NU, PCNU Sidoarjo Ziarahi Makam Masyayikh

Gebyar Harlah ke-98 NU, PCNU Sidoarjo Ziarahi Makam Masyayikh
PCNU Sidoarjo menggelar ziarah ke makam para masyayikh NU Sidoarjo dalam rangka peringatan Harlah NU ke-98, Ahad (28/02/2021)lalu. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto).
PCNU Sidoarjo menggelar ziarah ke makam para masyayikh NU Sidoarjo dalam rangka peringatan Harlah NU ke-98, Ahad (28/02/2021)lalu. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Kemajuan Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Sidoarjo adalah berkat jasa dan perjuangan para masyayikh pendahulu. Melalui momentum peringatan Hari lahir ke-98 NU, perjuangan para masyayikh harus dilanjutkan para generasi penerus dengan merawatnya secara baik dan benar.

 

Sebagaimana yang dilakukan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo dengan menggelar ziarah ke makam sejumlah masyayikh NU Sidoarjo, Ahad (28/02/2021). Ziarah ini merupakan puncak acara peringatan Harlah ke-98 NU yang digelar oleh PCNU Sidoarjo, selain itu bertujuan untuk mengenang serta meneladani perjuangan para masyayikh NU Sidoarjo.

 

Turut hadir dalam ziarah ini, pengurus harian PCNU Sidoarjo, perwakilan lembaga, Badan Otonom (Banom), dan badan organisasi lainnya yang berada di bawah naungan PCNU Sidoarjo. Adapun masyayikh yang diziarahi adalah para ulama, tokoh, dan pejuang NU yang juga mantan Ketua dan Rais PCNU Sidoarjo, diantaranya KH Abdy Manaf, KH Husein Idris, KH Anas Al Ayyubi, serta KH Anwari Ismail.

 

Rombongan ziarah PCNU Sidoarjo tersebut mengawali ziarah ke makam Kiai Abdy Manaf yang berlokasi di Desa Kloposepuluh, Kecamatan Sukodono. Almaghfurlah pernah menjabat sebagai Ketua PCNU Sidoarjo selama tiga periode (1992-2006).

 

Selanjutnya rombongan menuju ke makam KH Husein Idris (Ketua PCNU Sidoarjo pertama periode tahun 1927-1928) yang terletak di Desa Bebekan, Kecamatan Taman. Tujuan ziarah berikutnya ke makam KH Anas Al Ayyubi (Rais PCNU Sidoarjo periode 1996) di bekas Desa Jatirejo, Kecamatan Porong dekat kolam penampungan lumpur Lapindo

 

Mengakhiri ziarah, rombongan berkunjung ke makam KH Anwar Ismail (Rais PCNU Sidoarjo tahun 1977-1982) yang terletak di Kelurahan Celep, Kecamatan Sidoarjo. Dalam ziarah tersebut, selain disertai pembacaan Tahlil dan doa juga disampaikan sejara singkat masyayikh selama aktif di PCNU Sidoarjo oleh perwakilan PCNU Sidoarjo yang hadir. 

 

Wakil Ketua PCNU Sidoarjo KH Zaenal Abidin menuturkan, dengan ziarah ke makam para masyayikh akan mendapatkan cerita dari para dzuriyahnya.

 

“Itu akan menjadi semangat dan inspirasi bagi para muharrik yang sedang aktif di setiap kepengurusan, baik dalam penguatan ideologi, ekonomi dan jam’iyah,” tutur mantan Ketua KPU Sidoarjo tersebut kepada NU Online Jatim, Senin (01/03/2021) malam.

 

Editor : Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim