Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Gelar Hari Santri, NU Jepang Hadirkan Kiai Marzuki Mustamar

Gelar Hari Santri, NU Jepang Hadirkan Kiai Marzuki Mustamar
KH Marzuki Mustamar akan memberikan tausiah pada hari santri yang digelar PCINU Jepang. (Foto: NOJ/istimewa)
KH Marzuki Mustamar akan memberikan tausiah pada hari santri yang digelar PCINU Jepang. (Foto: NOJ/istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Gebyar dan semarak hari santri tidak semata bergaung di Tanah Air. Di belahan dunia juga akan turut meriah. Hal tersebut sebagai ekspresi bangga sebagai santri meskipun tengah berada di negeri orang.

 

Hal itu pula yang dilakukan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang. Mereka akan menggelar perayaan hari santri dengan aneka lomba dan shalawatan. Termasuk mengajak Nahdliyin setempat mendengarkan tasiyah yang disampaikan KH Marzuki Mustamar, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. 

 

“Dalam gebyar hari santri kali ini, PCINU Jepang, akan menggelar beberapa agenda. Selain perlombaan juga diadakan ‘Jepang Bershalawat',” kata Ketua PCINU Jepang, Miftakhul Huda, Kamis (15/10/2020).

 

Dalam penjelasannya, perayaan hari santri, khususnya agenda Jepang Bershalawat sudah menjadi tradisi rutin dan diselenggarakan selama beberapa tahun terakhir. namun pada perayaan kali ini sedikit istimewa lantaran berbarengan dengan hari santri.   

 

Lebih lanjut dikemukakan bahwa aneka lomba yang diselenggarakan, di antaranya adzan, kaligrafi, musabaqah tilawatil Qur’an atau MTQ, shalawat dan doodleArt santri sakura.

 

"Kami juga mengundang Kiai Marzuki Mustamar secara online di hadapan  para jamaah yang akan berkumpul dari berbagai wilayah di Jepang," ujarnya.  

 

Dikemukakan bahwa kegiatan turut dihadiri para pengurus Majelis Wakil Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (MWCINU) di seluruh Jepang tentu dengan menjaga protokol kesehatan.  

 

Peneliti di Tokyo Institue of Technology itu menambahkan bahwa kegiatan Jepang Bershalawat dan pengajian KH Marzuki Mustamar akan diselenggarakan pada Ahad (22/11/2020).

 

“Kiai Marzuki akan memberi tausiah yang didengarkan langsung secara online para kader Nahdliyyin di Jepang,” terangnya.  

 

Untuk dapat menyukseskan kegiatan ini, PCINU Jepang menggandeng Gerakan Pemuda (GP) Ansor , MWCINU, dan juga bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo serta beberapa jaringan media.  

 

Kontributor: Aziz

Iklan promosi NU Online Jatim