Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Gelar Istighosah, Ansor di Sumenep Doakan Konfercab Jauh dari Kepentingan Pilkada

Gelar Istighosah, Ansor di Sumenep Doakan Konfercab Jauh dari Kepentingan Pilkada
PAC GP Ansor Bluto Sumenep saat istighosah, Selasa (22/ 09). (Foto : A. Habiburrahman).
PAC GP Ansor Bluto Sumenep saat istighosah, Selasa (22/ 09). (Foto : A. Habiburrahman).

Sumenep, NU Online Jatim

Doa adalah elemen penting dalam ikhtiar manusia. Doa pun tak boleh dilewatkan dalam setiap usaha yang dilakukan setiap insan. Bagitu pula yang dilakukan oleh Nahdliyin di setiap tempat.

 

Sebab hal itulah, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Bluto Sumenep melaksanakan Istighotsah dan Silaturahim dengan Pimpinan Ranting se-Kecamatan Bluto. Acara ini dipusatkan di Sekretariat PAC GP Ansor Bluto, Aengdake Bluto Sumenep, Selasa (22/09).

 

Istighosah kali ini dipimpin oleh Kiai Mohammad Ali Wardi, Ketua Jam'iyah Shalawat Nariyah Wali Songo Sumenep. Sebelumnya ia membeberkan terkait urgensi istighotsah sendiri.

 

Disebutkan bahwa istighotsah dimaksudkan untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam segala urusan dan dijauhkan dari segala kesukaran. "Apalagi saat ini sedang dalam pandemi, yang wabah corona tidak kunjung usai," ungkapnya.

 

Ia pun menambahkan bahwa istighotsah sebenamya sama dengan berdoa akan tetapi bila disebutkan kata istighotsah konotasinya lebih dari sekedar berdoa, karena yang dimohon dalam istighotsah adalah bukan hal yang biasa biasa saja.

 

"Oleh karena itu, istighotsah seringkali dikerjakan secara bersama dan lumrahnya dimulai dengan wiridan tertentu, terutama istighfar. Sehingga Allah SWT mengabulkan permohonan dari kita," pungkasnya.

 

Rofiqi, koordinator kegiatan ini menuturkan, istighotsah ini dilaksanakan sebagai ikhtiar dan sumbangsih demi suksesnya dua konfercab yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. "Yaitu konfercab NU dan konfercab GP Ansor Sumenep," ungkapnya.

 

Sekretaris PAC GP Ansor Bluto ini juga mengungkapkan, dilaksanakannya istighotsah ini diharapkan agar konfercab yang akan segera digelar dijauhkan dari berbagai kepentingan yang tidak selaras dengan tradisi NU, yaitu khidmat untuk ummat.

 

"Karena kepentingan orang-orang yang ingin membawa NU ke arah yang tidak sevisi dengan kepentingan NU selama ini memang ada dalam beberapa gelaran konfercab di barbagai daerah dan tingkatan," tuturnya.

 

Ia pun berharap, agar dua konfercab ini dijauhkan dari orang-orang yang memiliki kepentingan jangka pendek, utamanya mendekati pemilukada serentak.

 

"Mengingat saat ini di Sumenep sendiri sedang dalam masa-masanya tahun politik, mendekati pemilukada serentak ini," lanjutnya.

 

Anggota Bidang Kaderisasi Pengurus Koordinasi Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur ini menambahkan, selain istighotsah juga dilakukan sosialisasi akreditasi Pimpinan Ranting yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 6-17 Oktober 2020.

 

"Yang mana akreditasi Pimpinan Ranting ini akan dilakukan terhadap semua PR yang ada di Sumenep, termasuk di kecamatan Bluto sendiri," pungkasnya.

 

Editor : Romza

F1 Promosi Iklan