Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Gelar UKT, PSNU Gandusari Blitar Fasilitasi Potensi Kader

Gelar UKT, PSNU Gandusari Blitar Fasilitasi Potensi Kader
Proses UKT di Rayon PSNU Pagar Nusa Ponpes Gondang, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Sabtu (20/03/2021). (Foto: NOJ/ Indra Nurdien Hakim)
Proses UKT di Rayon PSNU Pagar Nusa Ponpes Gondang, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Sabtu (20/03/2021). (Foto: NOJ/ Indra Nurdien Hakim)

Blitar, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kecamatan Gandusari, Blitar menggelar Ujian Kenaikan Kelas (UKT). Kegiatan ini bertujuan untuk mencetak kader NU yang handal, sehat jasmani dan rohani, spiritual, seni dan kinestetik melalui Seni Bela Diri Pencak Silat. 

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (20/03/2021) di Rayon PSNU Pagar Nusa Pondok Pesantren (Ponpes) Gondang, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar Jawa Timur.

 

Mochammad Yusuf selaku Ketua PAC PSNU Pagar Nusa Gandusari mengatakan kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kader NU dalam seni bela diri.

 

"Adapun pelaksanaan UKT ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan fisik, mental dan pengetahuan kader NU tentang pencak silat baik seni bela diri maupun teknik pencak silat sesuai tingkatanya," katanya pada NU Online Jatim.

 

Yusuf, sapaan akrabnya, juga berpesan semoga pada kegiatan UKT kali ini dapat dilaksanakan dengan istikamah. Harapannya bisa diikuti oleh Anak Cabang (Ancab) dan Rayon lainnya. Juga untuk ajang silaturahmi anggota PSNU Pagar Nusa tingkat Blitar Raya bahkan dari kabupaten lain seperti Kabupaten Kediri.

 

"Menariknya para santri akan memperoleh pengalaman yang tidak akan terlupakan karena dilaksanakan di malam hari khususnya pada saat pengambilan sabuk. Peserta akan di uji di tempat yang menyeramkan. Kendati demikian, tempatnya sudah steril, aman dan terukur," tandasnya.

 

Kegiatan ini berlangsung sesuai dengan protokol kesehatan diikuti oleh santri atau peserta PSNU Ponpes Gondang dan sekitarnya. Kebanyakan peserta berasal dari santri Pagar Nusa Kecamatan Gandusari dan sekitarnya bahkan ada yang berasal dari Kota Blitar.

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim