• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Matraman

Gelar Workshop, Upaya RMINU Pacitan Kembangkan Digitalisasi Produk UMKM

Gelar Workshop, Upaya RMINU Pacitan Kembangkan Digitalisasi Produk UMKM
Workshop yang diadakan di Gedung Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Selasa (26/01/2021). (Foto: NOJ/ Risalatul Mu’awanah).
Workshop yang diadakan di Gedung Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Selasa (26/01/2021). (Foto: NOJ/ Risalatul Mu’awanah).

Pacitan, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang signifikan terhadap semua sektor kehidupan, utamanya pada sektor ekonomi yang semakin meresahkan masyarakat. Sehingga butuh upaya dari berbagai pihak untuk pemulihan kondisi ekonomi yang dialami masyarakat.

 

Seperti yang dilakukan Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Cabang Pacitan yang bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia Tbk. dan Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil. Untuk peningkatan perekonomian masyarakat RMINU menggelar ‘Workshop Pengembangan Digitalisasi Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Menuju Pasar Domestik dan Go International’.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan ini akan berlangsung selama dua hari, Selasa hingga Rabu (26-27/01/2021). Ada 50 peserta dari delegasi santri Pondok Pesantren se-Kabupaten Pacitan yang berafiliasi ke NU, Alumni Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil yang memiliki UKM, dan juga warga NU sekitar.

 

Workshop yang di gelar selama dua hari ini bukan hanya sebatas penyampaian teori, melainkan juga praktik dengan pendampingan dari Tim Trainer dari PT Telkom Indonesia Tbk. Ilmu-ilmu terapan juga tersaji dalam kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian Harlah NU ke-95 tersebut. Mulai dari teknik dasar fotografi produk hingga instal foto produk ke platform digital.

 

KH Mochammad Burhanuddin HB, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil mengimbau agar materi yang disampaikan para trainer dapat dimplementasikan dengan baik. “Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan yang paling utama bisa membekas dan dapat ditindak lanjuti dari peserta,” ungkapnya.

 

Ketua RMINU Cabang Pacitan berharap, dengan adanya workshop ini masyarakat khususnya warga NU dapat memiliki ketahanan ekonomi. Sehingga memiliki dan mampu meningkatkan pendapatan di tengah pandemi.

 

 

“Harapan kami, dengan diadakannya pelatihan seperti ini warga NU dan masyarakat pada umumnya punya ketahanan ekonomi, dan juga mereka bisa survive, nambah penghasilan di tengah pandemi seperti ini,” terang KH Hamka Hakim.

 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Syuriyah PCNU Pacitan, Pimpinan pondok pesantren Al Fattah Tahunan, Nahdlatussuban, dan Pimpinan Pondok Pesantren Roudhoh Al Hikam.

 

Penulis: Risalatul Mu’awanah

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru