• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Matraman

Giat Rutin tiap Jumat, Ansor di Trenggalek Bersihkan Makam Warga

Giat Rutin tiap Jumat, Ansor di Trenggalek Bersihkan Makam Warga
Banom NU desa Ngrambingan kecamatan Panggul, Trenggalek yang sedang membersihkan pemakaman warga. (Foto: NOJ/MK)
Banom NU desa Ngrambingan kecamatan Panggul, Trenggalek yang sedang membersihkan pemakaman warga. (Foto: NOJ/MK)

Trenggalek, NU Online Jatim

Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Ngrambingan, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek melaksanakan kegiatan rutin bersih-bersih makam di kawasan Dusun Sono Kulon, Desa Ngrambingan, Trenggalek, Jumat (19/02/2021).

 

"Kegiatan ini dilakukan bergilir ke makam-makan yang ada di Desa Ngrambingan dan merupakan program rutin Ansor Ngrambingan yang diadakan setiap satu minggu sekali. Alhamdulillah sudah berjalan empat kali," kata Koirudin, Ketua GP Ansor Ranting Ngrambingan.

 

Kegiatan membersihkan makam ini dimulai pukul 07.00 WIB dan diikuti oleh semua anggota Ansor dan Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) yang ada di Desa Ngrambingan. Diantaranya Barisan Serba Guna (Banser), Pagar Nusa, dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), bahkan Badan Pengawas Desa (BPD) Ngrambingan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

 

Tujuan kegiatan tersebut merupakan implementasi dari kebersihan sebagian dari iman dan juga memberikan rasa nyaman bagi peziarah yang mengunjungi makam tersebut.

 

"Selain memberi rasa nyaman bagi peziarah, agar menyambung tali silaturahim antar anggota dan masyarakat di sekitar makam," tutur Koirudin.

 

Pria yang akrab disapa Koir ini berharap kegiatan bersih-bersih makam bisa menumbuhkan rasa kesadaran sosial akan kebersihan, juga sebagai wujud pengingat untuk berserah diri kepada Allah SWT.

 

"Saya harap teman-teman Ansor dan Banom NU khususnya di Desa Ngrambingan sadar, bahwa tujuan hidup di dunia tidaklah kekal dan semua hanya tititipan. Agar kita selalu bersyukur dan tawakal kepada Allah SWT atas semua yang diberikan kepada kita selama di dunia," harapnya.

 

Penulis: Marisa Khoirila

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru