Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Giliran Pemkab Situbondo Gratiskan Tes Antigen bagi Ribuan Santri

Giliran Pemkab Situbondo Gratiskan Tes Antigen bagi Ribuan Santri
Santri Pesantren Sukorejo menciptakan hand sanitizer sendiri. (Foto: NOJ/REp)
Santri Pesantren Sukorejo menciptakan hand sanitizer sendiri. (Foto: NOJ/REp)

Situbondo, NU Online Jatim

Sejumlah santri akan kembali ke pesantren usai libur Ramadlan dan hari raya Idul Fitri. Dan demi mendukung hal tersebut, beberapa kepala daerah menyediakan layanan kesehatan gratis kepada santri.

 

Dan giliran Pemerintah Kabupaten Situbondo memberikan layanan tes usap antigen secara Cuma-Cuma untuk santri di kawasan setempat yang akan kembali ke pesantren.

 

"Santri cukup datang ke seluruh Puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan maupun tiga rumah sakit milik pemerintah daerah (RSUD dr Abdoer Rahem, Asmebagus, Besuki) hanya dengan membawa KTP elektronik atau KK," ujar Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Rabu (19/05/2021).

 

Ia mengemukakan, pelayanan gratis antigen untuk santri asal Situbondo yang akan kembali ke pondok pesantren dimulai Rabu, 19 Mei 2021.

 

"Untuk para santri yang akan kembali menimba ilmu di pesantren harus meluruskan niatnya yaitu semata-mata mencari ridla Allah SWT. Para santri diharapkan selalu tekun menuntut ilmu dan terus berlomba-lomba menggapai prestasi agar bisa membanggakan orang tua," tutur Bung Karna, sapaan akrabnya.

 

Ketua Rayon Ikatan Santri dan Alumni Salafiyah-Syafi'iyah Sukorejo (IKSASS) Situbondo Aburawi mengatakan pelayanan gratis swab antigen gratis untuk santri disambut positif wali dan santri.

 

"Tentu ini sangat membantu, karena hasil swab antigen akan dibawa ke pesantren dan menjadi syarat santri ke pondok  pesantren. Alhamdulillah pemerintah sangat peduli dan cukup membantu santri melalui program swab antigen gratis," ujarnya.

 

Dari data yang berkembang, sekitar 3.450 santri Situbondo kembali ke Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo pada 21 Mei. Karena jumlah santri cukup banyak, maka swab antigen dikoordinir menjadi dua tahapan. 

 

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9