Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Giliran Pemkab Sumenep Sediakan Rapid Test Gratis bagi Santri

Giliran Pemkab Sumenep Sediakan Rapid Test Gratis bagi Santri
Pemeriksaan Rapid Test gratis untuk santri. (Foto: rrisumenep).
Pemeriksaan Rapid Test gratis untuk santri. (Foto: rrisumenep).

Sumenep, NU Online Jatim

Layanan Rapid Test Antigen gratis kepada santri yang hendak kembali ke pondok pesantren banyak dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Kali ini, layanan serupa dilakukan oleh Pemkab Sumenep, Madura.

 

Agus Mulyono, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumenep menuturkan, kebijakan Bupati Sumenep Achmad Fauzi ini berlaku bagi semua santri yang akan kembali ke pondok pesantren, baik lokal maupun pesantren di luar Madura.

 

“Kebijakan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Sumenep kepada para santri, sebagai langkah preventif persebaran Covid-19,” terangnya sebagaimana dilansir madurapost, Ahad (23/05/2021).

 

Dirinya meminta kepada seluruh petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Sumenep untuk memberikan pelayanan terbaik kepada santri yang hendak kembali ke pesantren.

 

“Insya Allah, semua Puskesmas sudah siap melayani para santri untuk Rapid Test Antigen gratis,” ujarnya.

 

Menurut Agus, layanan tersebut sebagai upaya mempermudah dan mengurangi beban orang tua atau wali santri yang hendak kembali ke pesantren.

 

“Karena dengan Rapit Test itu kita dapat memastikan para santri yang mau  kembali ke pesantren aman dari Covid-19,” tandasnya.

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9