Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Giliran Warga Lemahputro Sidoarjo Cegah Penyebaran Covid-19

Giliran Warga Lemahputro Sidoarjo Cegah Penyebaran Covid-19
Penyemprotan disinfektan di kawasan di Kelurahan Lemahputro, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Mukhzamilah)
Penyemprotan disinfektan di kawasan di Kelurahan Lemahputro, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Mukhzamilah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pelibatan seluruh unsur masyarakat dalam menanggulangi wabah Covid- 19 terus digalakkan, termasuk di Kelurahan Lemahputro, Sidoarjo. Salah satu wujud kegiatan tersebut adalah penyemprotan cairan disinfektan yang digagas oleh pengurus Unit Pengelola, Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) kawasan setempat, Rabu (1/4).

 

“Kegiatan ini salah satu wujud menjawab permintaan warga yang berharap ada penyemprotan,” kata Gunawan. 

 

Pengurus UPZISNU Lemahputro ini menjelaskan bahwa ada puluhan pemuda Karangtaruna setempat yang dibriefing untuk kegiatan penyemprotan. Dan menurut alumnus Pondok Pesantren Al-Kholil Sidoarjo ini, penyemprotan yang dilakukan merupakan kegiatan lanjutan yang sebelumnya menyasar masjid dan mushala di sejumlah kecamatan di Sidoarjo. 

 

Penegasan serupa disampaikan Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Lemahputro, Sidoarjo, Muhammad Suryono. 

 

“Kami melakukan penyemprotan di wilayah Kecamatan Sidoarjo yang meliputi beberapa tempat ibadah, antara lain mushalla dan masjid. Bahkan juga gereja selama tiga hari berturut-turut dilakukan penyemprotan disinfektan sejak 28 Maret lalu,” terangnya.

 

Aksi sosial ini juga bersinergi dengan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Sidoarjo dalam rangka penyediaan logistik para relawan penyemprotan. 

 

Menurutnya, apa yang dilakukan secara bersama ini sebagai ikhtiar di samping sterilisasi lingkungan. Pada saat yang sama juga dilakukan edukasi dan penyediaaan masker gratis bagi masyarakat yang berpotensi besar terpapar virus Covid-19.

 

Para penerima adalah pekerja harian dalam situasi berkerumun, yakni pedagang pasar, dengan berkoordinasi dengan tenaga medis dari Puskesmas setempat. 

 

Kontributor: Mukhzamilah
Editor: Syaifullah
 

F1 Promosi Iklan