• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Tapal Kuda

Gowes Bareng Tutup Rangkaian Hari Santri di Pasuruan

Gowes Bareng Tutup Rangkaian Hari Santri di Pasuruan
Gowes Santri Pasuruan Raya. (Foto: NOJ/Makfud)
Gowes Santri Pasuruan Raya. (Foto: NOJ/Makfud)

Pasuruan, NU Online Jatim
Dalam masa pandemi Covid-19, bentuk kegiatan dalam peringatan Hari Santri 2020 sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni dilaksanakan secara virtual dan kegiatan kategori olahraga. Hal ini dilakukan dalam rangka pembatasan sosial sebagai cara pencegahan wabah Covid-19.

 

Sabtu (21/11/2020) dalam rangka Puncak Hari Santri 2020 di Kabupaten Pasuruan, dilaksanakan Gowes Santri Pasuruan Raya. Kegiatan tersebut diikuti 500 Pengurus dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangil, PCNU Kota Pasuruan, dan PCNU Kabupaten Pasuruan. Untuk rute yang ditempuh dimulai dari Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah Kota Pasuruan dan berakhir di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Karang Anyar, Kraton, Kabupaten Pasuruan.

 

Dalam acara tersebut turut hadir jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Asosiasi Kepala Desa Kecamatan Kraton, dan beberapa pejabat penting lain yang ikut gowes sejauh kurang lebih 15 Kilo meter tersebut. Di area finish para goweser di sambut dengan nyanyian Mars Syubbanul Wathon oleh seluruh Santri Pondok pesantren Sabilul Muttaqin Karang Anyar Kraton asuhan KH Muhammad Nawawi Abd. Syakur.

 

Sebelum finish, para goweser berhenti di Pit Stop DAM Pleret Desa Pleret, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan. Kurang lebih 600 benih ikan di tabur di DAM yang menjadi salah satu destinasi wisata Desa Pleret tersebut. 

 

Menurut H Nailurrohman, selaku ketua PCNU kota Pasuruan sekaligus Pengasuh Pondok pesantren Bayt Al Hikmah, gowes ini merupakan salah satu sarana silaturahmi pengurus Nahdlatul Ulama (NU) di masa pandemi.

 

"Selain bersilaturahmi, dengan gowes ini kita juga dapat memperkuat imun tubuh kita," katanya saat memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan tersebut.

 

Selanjutnya, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menjelaskan bahwa gowes kali ini merupakan puncak acara dalam rangkaian kegiatan Hari santri 2020.

 

"Sebelum acara ini ada beberapa perlombaan dan kegiatan baik secara virtual maupun kegiatan di lapangan dengan tetap menerapkan di disiplin protokol kesehatan. Seperti panahan, lomba kebersihan pondok pesantren yang nanti ketika finish kita bagikan hadiahnya," ujar Pria yang juga menjadi Komandan Banser NU Jawa Timur tersebut.

 

Gus Bupati, sapaan akrabnya, juga menambahkan bahwa dalam gowes ini tetap mensosialisasikan dan menerapkan disiplin protokol kesehatan.

 

"Kita tetap wajib memakai masker dan cuci tangan. Jangan sampai kegiatan kita yang berniat baik ini malah dapat merugikan kita semua," pungkas pencipta lagu 'Pasuruan Gumuyu' tersebut.

 

 

Editor: Risma Savhira


Tapal Kuda Terbaru