Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Gowes ke Muassis NU, Cara Ansor Jombang Peringati HUT ke-75 RI

Gowes ke Muassis NU, Cara Ansor Jombang Peringati HUT ke-75 RI
Pengurus Ansor Jombang saat gowes ke muassis NU, Ahad (23/ 08/ 2020). (Foto : NOJ/ Istimewa)
Pengurus Ansor Jombang saat gowes ke muassis NU, Ahad (23/ 08/ 2020). (Foto : NOJ/ Istimewa)

Jombang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang memilih melaksanakan bersepda bareng atau gowes ke Muassis Nahdlatul Ulama (NU) sebagai rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) dan tahun baru 1442 Hijriah, Ahad (23/ 08/ 2020). Kegiatan ini diikuti kader Ansor maupun Fatayat NU Jombang.

 

Selain bisa berolahraga guna menjaga kebugaran tubuh, kegiatan ini juga untuk menjaga kebersamaan. "Gowes ke muassis NU ini menunjukkan semangat selalu jaga kesehatan dengan berolahraga dan juga tetap jaga rohani kita agar tetap berprasangka baik pada Tuhan dalam kondisi dan situasi apapun," kata Ketua PC GP Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto.

 

Puluhan pengurus Ansor memulai gowes dari Alun-Alun Jombang menuju makam almaghfurlah KH Bisri Syansuri, kemudian dilanjutkan ke makam KH Wahab Chasbullah. "Sengaja memang tidak melibatkan massa banyak karena masih situasi pandemi Covid-19," jelas pria yang akrab disapa Gus Antok ini.

 

Kegiatan dengan tagline Gowes Bareng Ansor ini menurutnya memiliki manfaat yang luar biasa. Tidak sekadar upaya hidup sehat di masa pandemi dan merekatkan hubungan pengurus Ansor dengan para muassis NU, tetapi juga sebagai perantara membangun kebersamaan dan kesolidan antarpengurus.

 

"Secara keorganisasian juga menjadi instrumen untuk menjaga kebersamaan, kesolidan dan meneguhkan komitmen untuk terus bisa menjadi manfaat bagi masyarakat," tegasnya.

 

Gus Antok juga mengajak masyarakat untuk terus membiasakan hidup sehat dengan berolahraga. Tidak melulu dengan cara gowes, olahraga apapun juga sangat bagus dan dianjurkan istiqamah di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang. "Kita berharap masyarakat Jombang khususnya bersama-sama bisa terus menggelorakan semangat berolahraga dan junjung tinggi kebersamaan," harapnya.
 

PWNU Jatim