• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 April 2024

Pemerintahan

Gubernur Doakan Stan OPOP Laris di Pameran Jatim Fair

Gubernur Doakan Stan OPOP Laris di Pameran Jatim Fair
Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim mengunjungi stan OPOP saat pembukaan Jatim Fair. (Foto: OPOP)
Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim mengunjungi stan OPOP saat pembukaan Jatim Fair. (Foto: OPOP)

Surabaya, NU Online Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi membuka pameran Jatim Fair Tahun 2021, Jumat (08/10/2021). Ia berharap agar stan milik OPOP membuat tertarik pengunjung dan produk-produk yang dipamerkan laris.

 

Acara yang digelar secara hybrid ini merupakan rangkaian Hari Jadi ke 76 Provinsi Jawa Timur. Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa gelaran Jatim Fair ini sendiri menjadi bagian dari dukungan Pemprov Jatim kepada para pelaku usaha di Jawa Timur terutama UMKM. Khofifah berharap pameran ini bisa menjadi landasan bagi UMKM Jawa Timur untuk bangkit kembali di tengah pandemi.

 

“Alhamdulillah hari ini rangkaian dari Jatim Fair resmi dimulai. Kita memulai dengan semangat untuk membangkitkan ekonomi kita, kebangkitan UMKM kita, semangat kebangkitan para pelaku usaha dan semangat membangkitkan perekonomian Jatim,” katanya saat membuka secara resmi Jatim Fair Hybrid Tahun 2021 di Exhibition Hall Grand City Surabaya.

 

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang berdampak di segala sektor kehidupan turut berpengaruh terhadap sektor UMKM Jatim. Apalagi sektor UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian di Jawa Timur

 

“Untuk itu Pemprov Jatim terus berkomitmen mendorong dan memfasilitasi UMKM Jatim untuk berani melakukan ekspor langsung (Direct Export) baik dalam maupun luar negeri, serta beberapa langkah strategis dalam rangka memfasilitasi UMKM untuk mengembangkan usahanya, salah satunya melalui partisipasi kegiatan Jatim Fair ini untuk mempercepat pemulihan ekonomi,” katanya.

 

Khofifah mengatakan, meskipun sempat mengalami pelemahan baik pelemahan ekonomi maupun semangat masyarakat terutama saat pelaksanaan PPKM darurat di Bulan Juli lalu, namun kondisi pandemi Covid-19 di Provinsi Jatim berangsur membaik.

 

“Tentunya ini merupakan kerja keras, serta sinergitas dari seluruh pihak yang bekerja keras dan kerja profesional, yang tentunya dengan iringan doa yang luar biasa dari seluruh warga Jawa Timur,” katanya.

 

Usai membuka acara, orang nomor satu di Jatim ini langsung mengelilingi stan pameran. Salah satunya Khofifah mengunjungi stan OPOP Jatim. Beberapa produk unggulan pesantren dipamerkan. Seperti camilan keripik tempe dari Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto, baju taqwa dan nasi briyani dari Pesantren Langitan Tuban, ada juga Pesantren Al Fattah malang dengan produk unggulan hasil perkebunan dan camilan ringan.

 

Dalam kunjugannya, gubernur sempat menanyakan pada santri Pesantren Al Fattah yang menjaga stan. Gubernur Khofifah juga turut mendoakan agar penjualan laris manis saat pameran berlangsung.

 

“Ini singkongnya dari Malang ya, wah banyak nggak ? Semoga laris ya,” ucap gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

 

Selain Gubernur Khofifah yang kagum dengan produk – produk OPOP, hal yang sama juga dirasakan Plh Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono. Bahkan pihaknya memborong produk pesantren, diantaranya singkong dan pisang setandan.

 

Diketahui acara yang berlangsung ke 11 kalinya ini bertemakan ‘Jatim Bangkit Menuju Pasar Global’. Adapun peserta Jatim Fair diantaranya terdiri dari OPD Pemprov Jatim, Korea Tourism Board (KTB), Kabupaten/Kota di Provinsi Jatim, kabupaten/kota/provinsi di luar Jatim, BUMN/BUMD, sektor swasta, serta para UMKM Jawa Timur.

 

Yuk! Sobat OPOP, dukung dan beli produk-produk lokal dalam pameran yang berlangsung selama lima hari tersebut, dari tanggal 8-12 Oktober 2021.


Pemerintahan Terbaru