• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 24 April 2024

Pemerintahan

Gubernur Khofifah Resmi Tutup MTQ Jatim 2021 di Pamekasan

Gubernur Khofifah Resmi Tutup MTQ Jatim 2021 di Pamekasan
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam (tengah) pada acara penutupan MTQ XXIX Jatim 2021 (Dok NUOJ)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam (tengah) pada acara penutupan MTQ XXIX Jatim 2021 (Dok NUOJ)

Pamekasan, NU Online Jatim

Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Provinsi Jawa Timur 2021 di kabupaten Pamekasan, telah berakhir. Penutupan berlangsung di Lapangan Nagara Bhakti kompleks Mandhapa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, Rabu malam, 10 Nopember 2021.

 

Penutupan ditandai dengan penabuhan ‘Pak Koplak’ oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dengan didampingi Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, dan Ketua Dewan Hakim.

 

Turut hadir menyaksikan penutupan, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, Kepala Perwakilan BI Jatim Budi Hanoto, beberapa bupati/wali kota se-Jatim, Forkopimda Kabupaten Pamekasan, beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, dan seluruh kafilah.

 

Dalam acara penutupan juga ditandai dengan penyerahan Piala Gubernur Jawa Timur kepada Juara Umum MTQ XXIX Jatim 2021, yakni Kabupaten Lamongan. Piala diserahkan langsung kepada Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

 

Sementara juara umum peringkat kedua diraih Kabupaten Sidoarjo, peringkat ketiga Kabupaten Tuban, peringkat keempat Kabupaten Gresik, dan peringkat kelima diraih Kabupaten Lumajang.

 

Selain itu, dalam penutupan juga diserahkan Bendera MTQ XXIX Jatim 2021 kepada tuan rumah penyelenggara MTQ XXX Jatim Tahun 2023 yakni Kota Pasuruan, yang diterima langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf.

 

“MTQ Jatim 2021 di kabupaten Pamekasan, secara resmi ditutup. Selanjutnya akan digelar di Kota Pasuruan,” kata Khofifah.

 

Khofifah mengatakan banyak kepala daerah dari kabupaten/kota di Jawa Timur yang menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah MTQ Ke-30 pada tahun 2023. “Namun berdasar hasil keputusan bersama, MTQ Ke-30 Jatim diletakkan di Kota Pasuruan,” ujarnya.

 

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan rasa syukurnya karena perhelatan MTQ Jatim 2021 berjalan lancar, aman, tertib dan sukses, baik sukses penyelenggaraan, sukses protokol kesehatan, sukses pemberdayaan ekonomi, serta sukses membangun atmosfer nilai-nilai Qurani.

 

“Terima kasih seluruh kafilah, terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Pamekasan, khususnya Bupati Pamekasan yang telah mendukung suksesnya penyelenggaraan MTQ kali ini, bagaimana suasana MTQ ini begitu terasa di Kabupaten Pamekasan ini,” kata Khofifah.

 

“Semoga MTQ ini menjadi penguatan kebersatuan kita, mempererat ukhuwah Islamiyah kita dan bahwa dari spirit MTQ ini akan mendorong bangkitnya Jatim yang kita cintai ini.”

 

MTQ Jatim 2021 digelar di Kabupaten Pamekasan pada 2-11 Nopember 2021, dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Khofifah di Gedung Bakorwil IV Pamekasan, Rabu malam, 3 Nopember 2021. MTQ diikuti sebanyak 1.303 peserta dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. 


Pemerintahan Terbaru