Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Gugas Covid-19 NU Pragaan Sumenep Bagikan Masker dan Tempat Cuci Tangan

Gugas Covid-19 NU Pragaan Sumenep Bagikan Masker dan Tempat Cuci Tangan
Penyerahan tempat cuci tangan kepada Ketua PRNU Pragaan Laok. (Foto: NOJ/Firdausi)
Penyerahan tempat cuci tangan kepada Ketua PRNU Pragaan Laok. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Banyak cara yang dilakukan Nahdliyin atau warga Nahdlatul Ulama untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satunya Gugus Tugas atau Gugas Covid-19 yang ada di Kabupaten Sumenep. Segenap tim yang terdiri dari tenaga medis, aparat keamanan, tim Satgas NU berupaya mengampanyekannya lewat beragam cara yang sifatnya edukatif.

 

Salah satunya Gugas Covid-19 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pragaan, di mana kawasan ini merupakan benteng pertahanan Kabupaten Sumenep. Tim Gugas Covid-19 setempat yang dibentuk KH A Junaidi Mu'arif mengupayakan mempertahankan kabupaten ini sebagai zona hijau dalam peta penyebaran Covid-19 di Jawa Timur.

 

Salah satu aksi nyata yang dilakukan adalah membagikan masker dan melakukan pengadaan tempat cuci tangan di setiap Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU). Pada Rabu (22/4), yang menjadi sasaran adalah PRNU Pragaan Laok dan Jaddung.

 

“Tim Satgas sengaja menyerahkan bantuan tempat cuci tangan kepada ketua PRNU yang nantinya didistribusikan kepada setiap masjid atau mushala sebelum bulan Ramadhan,” kata Harir Hidayat. 

 

Dalam pandangannya, masjid merupakan salah satu tempat keramaian di bulan puasa. Sehingga perlu diwaspadai sebagai tempat yang berpotensi penyebaran Covid-19. 

 

"Kita tidak tahu siapa yang terpapar virus tersebut. Dengan mencuci tangan sebelum masuk ke masjid, masyarakat tidak merasa was-was saat bersalaman dan bertegur sapa," kata Ketua Gugas Covid-19 MWCNU Pragaan tersebut.

 

Dirinya menegaskan bahwa pendistribusian tempat cuci tangan dan masker tidak akan difokuskan pada 1 atau 2 PRNU saja. Tetapi lainnya harus mendapatkan perhatian yang sama.

 

Moh Yusri yang didaulat sebagai koordinator pengadaan tempat cuci tangan menjelaskan bahwa gerakan ini bagian dari ikhtiar warga NU untuk mencegah penularan Covid-19 di wilayah Pragaan.

 

"Ada sekitar 45 tandon atau tempat cuci tangan dan 1000 masker yang siap didistribusikan ke setiap PRNU,” katanya. Kedepannya akan banyak bantuan yang akan diberikan oleh Gugas MWCNU Pragaan kepada masyarakat selama pandemi Covid-19 belum berakhir, lanjutnya.

 

Di kesempatan berbeda, Umam selaku Bendahara Satgas menegaskan bahwa setiap pengadaan barang dan bantuan yang diberikan kepada masyarakat merupakan hasil patungan anggota. Bantuan tersebut berasal dari dari bendahara MWCNU dan donatur lain yang tidak mengikat.

 

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah dan tenaga medis dalam mencegah penyebaran Covid-19, seperti jaga diri dan jaga jarak atau physical distancing, berdiam di rumah, memakai masker saat keluar, tidur teratur, dan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya dengan nutrisi dan vitamin agar daya imun kuat," terangnya.

 

Sesampainya ke kediaman Ketua PRNU Pragaan Laok dan Jaddung, tim Gugas disambut ramah.

 

"Kami ucapkan terima kasih kepada tim Gugas. Tentu bantuan ini sangat bermanfaat guna mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan masyarakat yang hendak melakukan ibadah ke masjid," kata Ustadz Abd Qadir, Ketua PRNU Pragaan Laok.

 

Hal senada disampaikan Ketua PRNU Jaddung, Ustadz Subaidi.

 

"Saya ucapkan terima kasih atas partisipasi dan kepeduliannya terhadap warga NU Jaddung. Barangkali dengan bantuan ini mampu mengedukasi masyarakat yang hendak beribadah ke masjid," ungkapnya.

 

Kontributor: Firdausi
Editor: Syaifullah
 

Bank Jatim (31/7)