Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Guru NU Bangkalan Komandani LDK dengan Rumus Bilangan

Guru NU Bangkalan Komandani LDK dengan Rumus Bilangan
Abdul Muiz, Guru MAN Bangkalan. (Foto: NOJ/AH)
Abdul Muiz, Guru MAN Bangkalan. (Foto: NOJ/AH)

Bangkalan, NU Online Jatim

Abdul Muiz, salah seorang anggota Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Bangkalan, tepat di hari kelahirannya mendapatkan kepercayaan dari pimpinan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangkalan, tempat dia mengajar untuk mengomandani pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi siswa-siswi setempat.

 

Siswa-siswi yang menjadi peserta pelatihan ini nantinya akan dilantik menjadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Gugus Depan (Gudep) Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) di madrasah tersebut.

 

Ra Dolmu, panggilan akrabnya di MAN Bangkalan menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kepribadian siswa-siswi yang tangguh, berintegritas, dan berakhlakul karimah.

 

“Menuju madrasah yang hebat, bermartabat, dan berkelas dunia,” katanya, Senin (22/03/2021).

 

Sebagai guru mata pelajaran matematika, dia mengatur kegiatan tersebut dengan kombinasi bilangan 679. Menurutnya kombinasi bilangan tersebut memiliki arti diantaranya, angka 6 merupakan simbol dari rukun iman, angka 7 adalah jumlah benua yang ada di dunia, serta angka 9 yaitu para wali penjaga Nusantara.

 

“Kombinasi angka ini kemudian saya aplikasikan dalam kegiatan tersebut menjadi 6 materi utama kepemimpinan, 7 pos napak tilas yang mengambil rute 9 kilometer,” ucap Ra Dolmu layaknya menjabarkan sebuah rumus di kelas.

 

Sedangkan Kepala MAN Bangkalan, Moh Ali Wafa menjelaskan bahwa jargon madrasah di tempatnya tersebut menjadi madrasah bermartabat dan berkelas dunia bukan sebuah isapan jempol belaka.

 

Masih dalam pernyataan pria yang juga berkhidmat di Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sampang tersebut dikarenakan dalam kepemimpinannya selama empat tahun terakhir prestasi MAN Bangkalan sudah menggapai tingkat internasional.

 

“Prestasi yang telah diraih diantaranya adalah lima kejuaraan tingkat internasional dalam bidang pencak silat”, tutur pria yang akrab disapa Aba Ali tersebut.

 

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, yaitu Senin (22/03/2021) dan Selasa (23/03/2021) tersebut akan diakhiri dengan pelantikan pengurus OSIS dan Gudep Gerakan Pramuka. Serta diikuti oleh 60 siswa yang masih duduk di kelas X dan XI dan bertempat di Gedung Teori Keterampilan MAN Bangkalan.

 

Editor: Risma Savhira

PWNU Jatim