Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Gus Mus Ingatkan Potensi yang dapat Dioptimalkan Santri

Gus Mus Ingatkan Potensi yang dapat Dioptimalkan Santri
Dengan ilmu, santri dapat memanfaatkan potensi yang ada menjadi pengusaha. (Foto: NOJ/SSa)
Dengan ilmu, santri dapat memanfaatkan potensi yang ada menjadi pengusaha. (Foto: NOJ/SSa)

Jember, NU Online Jatim

Untuk dapat sukses dalam segala hal, maka santri harus melengkapi dirinya dengan ilmu pengetahuan. Segala potensi alam, bahkan piranti pendukung usaha yang tersedia tidak akan berguna bila tidak dilandasi dengan pengetahuan.

 

Penegasan tersebut disampaikan KH Nur Mustofa Hasyim selaku Pengasuh Pondok Pesantren Ngashor, Gumukmas, Jember. Pandangan disampaikan Gus Mus, sapaan akrabnya pada acara Kopilaborasi yang digelar di pesantren setempat hasil kerja sama dengan OPOP Jatim beberapa waktu berselang.

 

“Allah menegaskan bahwa telah memberikan banyak kenikmatan kepada manusia baik yang tersurat maupun tersirat,” katanya.

 

Pada kesempatan tersebut dirinya tampil bersama M Ghozali selaku Koordinator Bidang Socio Preneur OPOP Jatim dan HM Arum Sabil yang juga tokoh masyarakat dan pebisnis sukses.

 

“Dalam sebuah ayat disebutkan bahwa Allah menciptakan seluruh yang di bumi ini tidak sia-sia. Tinggal bagaimana melapisi dan mengimbanginya dengan ilmu,” terangnya.

 

Dalam masalah ini, menurutnya yang harus dikedepankan adalah bagaimana segala potensi yang ada dapat dilapisi dengan pengetahuan. Lantaran tanpa ilmu, maka seluruh kelebihan alam dan sejenisnya menjadi tidak bermakna.

 

“Sehingga dengan ilmu itu bisa menggunakan guna dan manfaat dari nikmat yang ada,” jelasnya di hadapan peserta diskusi yang terdiri santri putra dan putri.

 

Pada acara yang juga menghadirkan unsur pimpinan dan staf pengajar pesantren tersebut, Gus Mus mengingatkan bahwa membekali diri dengan ilmu sebagai langkah yang tidak dapat dihindari.

 

“Kepada santri saya sampaikan hendaknya melayani ilmu karena pasti kebutuhan dunia akan dicukupi. Dunia sudah tersedia, namun tanpa ilmu tidak akan dapat dimanfaatkan,” tegasnya.

Bank Jatim (31/7)