• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

H Moh Nadib, Pejuang dan Pengendali Ekonomi NU di Gresik

H Moh Nadib, Pejuang dan Pengendali Ekonomi NU  di Gresik
H Moh Nadib, penggerak ekonomi MWCNU Dukun, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik H)
H Moh Nadib, penggerak ekonomi MWCNU Dukun, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik H)

Gresik, NU Online Jatim

Banyak kalangan yang memberikan sumbangsih besar kepada jamaah dan jamiyah. Di hari lahir ke-98 Nahdlatul Ulama ini, ada baiknya kita melihat di sekitar bahwa ada sosok yang demikian layak menjadi teladan.

 

Salah satu sosok yang menjadi inspirasi dalam hal ekonomi dan programnya di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Dukun, Gresik adalah H Moh Nadib.

 

Dalam keseharian, sosoknya dikenal sebagai pekerja keras dengan pemikiran yang brilian terkait dengan kemajuan ekonomi di kawasan setempat.

 

“Dengan jumlah umat yang besar merupakan potensi pasar yang luar biasa. Hanya sayang sampai saat ini potensi itu belum digarap dengan serius, jadinya dimanfaatkan pihak lain dan orang NU hanya sebagai obyek atau konsumen belaka,” kata pengurus MWCNU Dukun tersebut, Ahad (07/02/2021).

 

Pengawas Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) MWCNU Dukun ini mencontohkan hasil pertanian dan juga perikanan.

 

“Karena tidak mempunyai produk olahan, maka petani yang mayoritas orang NU tidak mendapatkan nilai tambah,” terangnya. Di saat panen raya harganya jatuh dipermainkan pasar yang dikuasai selain orang NU, lanjutnya.

 

Contoh lain jaringan toko modern tumbuh di mana-mana sampai pelosok desa. Mengapa lembaga perekonomian NU dari pusat hingga daerah tidak bisa berbuat apa-apa.

 

"Mana mungkin NU bicara kemandirian kalau sumber ekonomi tidak dimiliki. Akhirnya NU hanya dipandang memiliki arti untuk kepentingan elektoral politik,” terang dia.

 

Menyadari hal tersebut MWCNU Dukun memberi perhatian yang luar biasa untuk usaha rintisan ekonomi.

 

Menurutnya, tahap awal kebutuhan umat NU difasilitasi, mendirikan koperasi syariah untuk menjadi lembaga yang menjembatani menerima simpanan bagi warga berlebih. Demikian juga menyediakan pembiayaan bagi yang membutuhkan modal, serta lembaga taawun.

 

Demikian juga kebutuhan Roti Numani, Nusa Dprint, toko plastik, dan program MWCNU Dukun ke depan adalah toko modern dan pengadaan fasilitas kesehatan dan lainya.

 

"Ini yang harus dikawal dengan serius untuk memajukan dan memasifkan usaha ekonomi MWCNU Dukun,” jelas mantan kepala desa ini.

 

Menurut pria yang pernah menjabat camat di wilayah Panceng tersebut, hingga kini MWCNU Dukun sudah mempunyai PT Bina Nusa Mandiri Gresik yang mewadai usaha ekonomi NU setempat.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru