Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Hardiknas, Khofifah: Terima Kasih Guru dan Orang Tua

Hardiknas, Khofifah: Terima Kasih Guru dan Orang Tua
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan kepada siswa di momentum Hardiknas di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Ahad (02/05/2021): (Foto: NOJ/HPJ)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan kepada siswa di momentum Hardiknas di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Ahad (02/05/2021): (Foto: NOJ/HPJ)

Surabaya, NU Online Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta agar pandemi Covid-19 tidak melemahkan semangat untuk mengembangkan pendidikan. Momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021 harus menjadi pemantik untuk kepentingan itu.

 

Khofifah menyampaikan tetima kasih kepada para guru, kepala sekolah, maupun orang tua, yang terus mendukung proses pendidikan selama pandemi Covid-19.

 

"Para kepala sekolah itu posisinya sangat sentral, untuk bisa memberikan penguatan masing-masing lembaga yang mereka pimpin," kata Khofifah usai upacara Hardiknas di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Ahad (02/05/2021).

 

Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama itu menambahkan, di tengah Pandemi Covid-19, Jawa Timur menggeser posisi DKI Jakarta pada kompetisi Sains Nasional. Hal ini menurut Khofifah adalah sesuatu yang luar biasa, mengingat 18 tahun Jatim selalu dibawah DKI.

 

"Dan itu juga adalah peran dari para orang tua yang tidak kalah pentingnya, para guru, dan para Kepala Sekolah," tambahnya.

 

Sejumlah prestasi Jatim lainnya adalah pada saat SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang meraih peringkat pertama dan tertinggi nilainya dibandingkan peringkat kedua, untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes.

 

"Itu juga peran dari para guru, kepala sekolah, para orang tua. Sehingga semangat anak didik ini akan terus terkawal," ucapnya.

 

Pada peringatan Hardiknas di Jatim, Gubernur juga memberikan sejumlah penghargaan kepada insan pendidikan yang dinilai pantang menyerah dan terus berinovasi dalam menghadapi pandemi Covid-19.

 

Salah satunya adalah Irma, yang menerima penghargaan sebagai guru sekolah penyelenggara pendidikan inklusi dedikatif dan inovatif pada masa pandemi. Guru di SMKN 13 Kota Malang itu berharap pada peringatan Hardiknas program sekolah inklusi di Jatim semakin berkembang dan lebih baik.

 

"Saya berharap program inklusi di Jawa Timur jauh lebih baik dan lebih maju tanpa diskriminasi," tuturnya.

 

Editor: Nur Faishal

Bank Jatim (31/7)