• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Matraman

Hari Ketujuh, Kirab Doa Pager Bumi Tiba di Wilayah Barat Ponorogo

Hari Ketujuh, Kirab Doa Pager Bumi Tiba di Wilayah Barat Ponorogo
Pasukan Pembawa Pataka dan Pusaka Tegalsari PAC Jambon. (Foto: NOJ/ Yoga)
Pasukan Pembawa Pataka dan Pusaka Tegalsari PAC Jambon. (Foto: NOJ/ Yoga)

Ponorogo, NU Online Jatim

Kirab 100 Ribu Doa Pager Bumi yang diselenggarakan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Ponorogo telah memasuki hari ketujuh. Kini rombongan kirab telah sampai di Kecamatan Jambon tepatnya di Masjid At-Taqwa komplek Makam Astana Srandil, Senin (19/10/2020) siang.

 

Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Jambon, KH Muhammad Ja'far Shiddiq dalam sambutannya menggelorakan semangat untuk terus meneladani ulama pendahulu. "Beliau sudah teruji dan terbukti secara nyata akan perjuangannya dalam dakwah Islam. Pun dalam memelihara Indonesia," ujar pengasuh Pondok Pesantren Sendang Drajat Jambon tersebut.

 

Ia berpesan, generasi muda sebagai penerus ulama sudah seharusnya menjaga amanah perjuangan. "Sebagai generasi penerus, kita harus menjaga amanat  beliau dengan memajukan Indonesia dan Islam bersama-sama," tambahnya.

 

 

Adapun penyerahan Pataka Kirab berlangsung khidmat didepan Forpimka, perangkat desa setempat, pengurus MWCNU, Muslimat NU, Fatayat NU, Ansor serta Banser, IPNU-IPPNU, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), Lembaga Pencak Silat Nahdlatul Ulama (LPSNU), dan santri madrasah diniyah.

 

Sementara itu, Ringga DH Irawan, Camat Badegan mendapatkan gelar Banser Istimewa setelah prosesi serah terima Pataka dan Pusaka Leluhur Tegalsari. Prosesi dilaksanakan di halaman Masjid Al-Falah Desa Kapuran.

 

"Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gerakan Pemuda Ansor Badegan khususnya, yang telah berkenan mengangkat saya sebagai Banser Istimewa,  juga kepada Gerakan Pemuda Ansor Ponorogo yang telah membuat gebrakan untuk upaya memohon doa agar pandemi Covid-19 segera selesai," ujar Ringga saat menyampaikan sambutan.

 

Ia berharap kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar. "Semoga kegiatan ini lancar sampai di titik terakhir dan semoga Covid-19 segera hilang dari Ponorogo khususnya dan Indonesia pada umumnya," pungkasnya.

 

Selesai pembukaan, acara dilanjutkan ziarah makam ulama, di antaranya makam Mbah Sholeh Desa Kapuran, makam Mbah Hasan Minhaj Desa Tanjungrejo dan makam Mbah Hasan Munadi Desa Karangan. Kemudian dilanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Sampung untuk serah terima Pataka yang bertempat di Masjid Al-Fatah Desa Gelangkulon.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru