Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Hari Santri, PCNU Tulungagung Gelar Lomba Pujian Sebelum Shalat untuk Kader Fatayat dan IPPNU

Hari Santri, PCNU Tulungagung Gelar Lomba Pujian Sebelum Shalat untuk Kader Fatayat dan IPPNU
Salah satu tim peserta saat tampil dalam lomba pujian sebelum shalat. (Foto: NOJ/ Hida).
Salah satu tim peserta saat tampil dalam lomba pujian sebelum shalat. (Foto: NOJ/ Hida).

Tulungagung, NU Online Jatim

Dalam rangka menyongsong serta memeriahkan Hari Santri 2020 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tulungagung menggelar  lomba pujian sebelum shalat, Selasa (20/10/2020). Lomba yang dilaksanakan di Aula PCNU Tulungagung ini merupakan rangkaian acara Hari Santri di kota tersebut.

 

Dalam pelaksanaannya, PCNU menunjuk Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU dan PC IPPNU Tulungagung sebagai penanggungjawab acara. “Terima kasih kepeda PCNU dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang telah mempercayakan acara ini kepada kami. Tujuan terselenggaranya lomba pujian sebelum shalat ini untuk melestarikan, nguri-nguri pujian klasik santri nahdhiyin yang tidak boleh punah,” kata Siti Kusnul Kotimah, Ketua PC Fatayat NU Tulungagung.

 

Perempuan yang sedang menempuh studi doktor di IAIN Tulungagung ini menambahkan. peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 38 grup dari 19 Kecamatan se-Kabupaten Tulungagung. Setiap PAC mengirimkan dua tim terbaiknya yang terdiri dari satu tim Fatayat NU dan satu tim IPPNU.

 

Penyelanggraan lomba pujian sebelum shalat ini semakin meriah dengan pembacaan puisi hari santri oleh Indah Khoirun Nada, Ketua PC IPPNU Tulungagung. Serta  penampilan kompilasi pujian dari tim shalawat An-Najma PC Fatayat NU Tulungagung.

 

Sementara itu, KH Hakim Mustafa, Ketua PCNU Tulungagung mengapresiasi atas terselenggarayanya lomba pujian sebelum shalat ini. “Kami dari PCNU terimakasih dan sangat erat dengan Hari Santri dan benar jika Pemerintah Kabupeten Tulungagung bekerjasama denga PCNU,” ungkapnya.

 

Ia menjelaskan, santri tidak hanya mereka yang harus mondok di pondok pesantren. Termasuk jamaah tahlil, thariqah, itu juga termasuk santri. “Ditetapkannya Hari Santri adalah pengakuan luar biasa dari pemerintah. Jasanya para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mengembalikan citra santri yang diajarkan oleh para guru dan para masyayikh. Sekalipun kita santri desa semoga tetap mendapatakan barakah para masyayikh,” jelasnya.

 

 

Adapun penampilan lomba pujian sebelum shalat ini dinilai oleh Siti Zumrotul Maulida Dosen IAIN Tulungagung, Widiawati juara cipta lagu dan vokal tingkat provinsi, dan Robingan Abd Aziz Sekretaris JQHNU Tulungagung.

 

Setiap pemenang dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. Adapun pemenang  lomba pujian sebelum shalat, untuk kategori IPPNU diraih oleh PAC IPPNU Kauman sebagai juara pertama, sedangkan juara 2 adalah PAC IPPNU Ngantru, dan juara 3 yakni PAC IPPNU Boyonangu. Selanjutnya untuk kategori Fatayat NU jjuara 1 diraih PAC Fatayat NU Sumbergempol, juara 2 PAC Fatayat NU Kalidawir, dan juara 3 PAC Fatayat NU Boyolangu. 

 

Sementara acara ini, selain Ketua PCNU Tulungagung juga dihadiri oleh Yudhas Pramono, Kabag Kesra Pemerintah Kabupaten Tulungagung, dan KH Mutarom Sekretaris PCNU Tulungagung.

 

Editor : Romza


Editor:
F1 Bank Jatim Syariah (6/12)