• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Metropolis

Harkitnas, Gubernur Jatim Ziarah ke Makam Pendiri Boedi Oetomo

Harkitnas, Gubernur Jatim Ziarah ke Makam Pendiri Boedi Oetomo
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di kompleks makam pendiri Boedi Oetomo, dr Soetomo. (Foto: kominfo.jatimprov.go.id)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di kompleks makam pendiri Boedi Oetomo, dr Soetomo. (Foto: kominfo.jatimprov.go.id)

Surabaya, NU Online Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berziarah ke malam pendiri Boedi Oetomo, dr Soetomo, di area Gedung Nasional Indonesia Jalan Bubutan Kota Surabaya pada Kamis (20/05/2021). Ziarah dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-133.

 

Dilansir dari kominfo.jatimprov.go.id, selain Khofifah, hadir pula dalam kegiatan ziarah itu sejumlah pejabat Pemprov Jatim, pejabat dari Kepolisian Daerah Jatim, dan Komando Daerah Militer V/Brawijaya. Usai ziarah, Khofifah Indar Parawansa berbincang dengan keluarga Dr Soetomo,yaitu salah satu kepokanakannya,Hadimono, yang juga turut hadir dalam upacara ziarah ke makam dr Soetomo.

 

Seperti yang diketahui, dr Soetomo adalah salah satu pendiri organisasi Boedi Oetomo merupakan tonggak kebangkitan pemuda Indonesia yang turut andil dalam merebut kemerdekaan.Terlebih saat muda, Soetomo aktif dalam pergerakan dan pemikirannya yang kritis dalam membangkitkan semangat perjuangan anak muda kala itu.

 

Hadimono mengatakan, setiap tahun dirinya selalu hadir memperingati Harkitnas di Surabaya dan sekaligus ziarah ke makam dr Soetomo yang merupakan kakak dari ibunya. Ia sangat terkesan dan terharu dengan upaya pemerintah yang masih tetap menyemarakkan peringatan Harkitnas.

 

"Peringatan ini sangat penting karena kita harus terus mengingat jasa para pahlawan. Kita harapkan selain hadir di ziarah makam ini, tapi roh dari acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini juga dicamkan," ujar Hadimono.

 

Dirinya juga berharap agar semua pelajar dan mahasiswa terus mengunjungi berbagai peninggalan tokoh pergerakan Indonesia, di antaranya adalah dr Soetomo, WR Soepratman, dan Bung Tomo.

 

"Para pelajar harus melestarikan dan mempelajari sejarahnya," katanya.

 

Untuk diketahui, lokasi makam dr Soetomo berada di Gedung Nasional Indonesia (GNI) di Jalan Bubugan Surabaya. Dari data Museum dr Soetomo diceritakan bahwa GNI didirikan atas inisiatif dr Soetomo pada tahun 1934.

 

Gedung ini menjadi pusat pergerakan Partai Indonesia Raya (Perindra) yang dibentuk oleh dr Soetomo, tempat pembentukan Komisi Nasional Indonesia dan Badan Keamanan Rakyat (BKR) Provinsi Jawa Timur, serta menjadi tempat pembentukan Pemuda Putri Republik Indonesia(PRRI). Tempat ini juga menjadi salah satu lokasi terjadinya pertempuran 10 November 1945.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru