• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 16 April 2024

Metropolis

Harlah NU, PDI Perjuangan Jatim Siap Terus Jalin Kerja Sama

Harlah NU, PDI Perjuangan Jatim Siap Terus Jalin Kerja Sama
Kegiatan DPD PDIP Jatim. (Foto: NOJ/PJm)
Kegiatan DPD PDIP Jatim. (Foto: NOJ/PJm)

Surabaya, NU Online Jatim

Kiprah dan keberpihakan Nahdlatul Ulama (NU) dalam catatan sejarah telah ditulis dengan tinta emas. Salah satunya yang menonjol adalah pembelaan menjaga kedaulatan dan tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

 

“Komitmen kebangsaan dan nilai-nilai moderasinya dalam keberagaman tak perlu diragukan lagi. NU menjadi salah satu banteng kebinekaan di Indonesia,” kata  Sri Untari Bisowarno Untari, Sabtu (30/01/2021).

 

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuagan (PDIP) Jatim ini pada peringatan hari lahir ke-95 NU.

 

Perempuan yang juga Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) tersebut menambahkan, Resolusi Jihad yang dirumuskan NU merupakan bukti konkret. Bahwa ormas ini turut serta menjaga keamanan dan kesatuan Indonesia sampai sekarang.

 

“Peran ulama NU telah terbukti dalam menjaga kesatuan dan kemajemukan Indonesia. NU melalui Resolusi Jihad-nya mampu membangkitkan semangat bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan. Sampai sekarang peran NU masih bisa kita rasakan bersama,” terang Untari.

 

Dia mengungkapkan, PDI Perjuangan telah membangun kerja sama dengan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur untuk turut menjaga NKRI. Sebab, jelas Untari, NU memiliki visi misi yang sama dengan kaum nasionalis dalam menjaga tanah air tetap lestari sepanjang masa.

 

“Saya selaku Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur mengucapkan ucapan terima kasih atas kerja sama dengan NU selama ini. Kami bahu-membahu menjaga NKRI karena NU betul-betul memiliki visi yang sama dengan kami kaum nasionalis untuk menjaga Indonesia tetap lestari dan abadi sepanjang hayat masih di kandung badan,” ucapnya

 

Tak lupa, perempuan yang juga menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur ini mengucapkan selamat harlah kepada ulama, Nahdliyin, struktural beserta badan otonom (banom) yang ada. 

 

Ke depan, pihaknya akan tetap menjalin kerja sama dengan ormas yang kelahirannya dibidani KH A Hasyim Asy’ari ini dalam menjaga NKRI.

 

“Mari kita terus bergandeng tangan untuk menjaga Pancasila menjaga NKRI untuk Indonesia. Selamat ulang tahun . Merdeka!” tutupnya.

 


Editor:

Metropolis Terbaru