• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Madura

Haul dan Peringatan Isra Miraj di Bangkalan Diperingati Bersama

Haul dan Peringatan Isra Miraj di Bangkalan Diperingati Bersama
Haul sesepuh Dusun Krasaan, Bandung, Konang, Bangkalan bersamaan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. (Foto: NOJ/Rosi)
Haul sesepuh Dusun Krasaan, Bandung, Konang, Bangkalan bersamaan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. (Foto: NOJ/Rosi)

Bangkalan, NU Online Jatim 
Haul merupakan tradisi orang NU untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal. Kegiatan biasanya dilaksanakan setiap tahun. 

 

Bertepatan pada Senin (2/3) malam, Masjid Darul Muttaqin Dusun Krasaan Desa Bandung, Kecamatan Konang, Bangkalan menjadi pusat dijadikannya tempat haul sesepuh dusun setempat sekaligus acara Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

 

Acara tersebut dikemas dengan tahlilan, istighotsah bersama dan shalawatan. Hadir di acara itu KH Zaibari Syarqowi, KH Mabruk Mawardi, KH Abd Karim Salidin, KH Muhammad Syarqowi, Kepala Desa Bandung serta seluruh tokoh agama dan masyarakat maupun rombongan al-Khidmah Bangkalan.

 

"Saya sangat merasa senang dan bangga sekali akhirnya acara ini bisa berjalan dengan sangat lancar sesuai dengan harapan panitia, dan ini tidak lain berkat kerja sama dan sama kerja yang ulet dari kepada seluruh masyarakat beserta para pemuda,” kata Mashudi, Kepala Dusun Krasaan.

 

Dirinya berrharap acara semacam ini bisa istikamah diselenggarakan setiap tahun dan kekompakan masyarakat semakin kuat.

 

Dalam pandangan salah seorang jamaah, perubahan sebuah kawasan maupun daehan bergantung kepada masyarakat bukan semata siapa pemerintahannya.

 

“22 tahun selama saya lahir di Krasaan, baru 3 tahun terakhir menemukan keharmonisan dan kesejahteraan . Ini tidak lain dikarenakan masyarakat yang sudah mulai tumbuh kepeduliannya dan diiringi dengan pemerintah desa yang sangat peduli dan sangat dermawan,” katanya.

 

Kontributor: Rosi
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Madura Terbaru