• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 April 2024

Metropolis

Hayya! Kibarkan Bendera Merah Putih Sebulan Agustus

Hayya! Kibarkan Bendera Merah Putih Sebulan Agustus
Poster gerakan serentak mengibarkan bendera merah putih. (Foto: NOJ/R)
Poster gerakan serentak mengibarkan bendera merah putih. (Foto: NOJ/R)

Surabaya, NU Online Jatim

Agustus bulan kemerdekaan. Di bulan ini Indonesia setiap tahun memperingati HUT Kemerdekaan RI, yang puncaknya tepat di tanggal pembacaan proklamasi, 17 Agustus. Tahun ini HUT Kemerdekaan RI memasuki tahun ke-76. Menyongsong itu, gerakan serentak mengibarkan bendera merah putih pun menggema di jagat maya.

 

Gerakan serentak mengibarkan bendera merah putih di antaranya digaungkan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur. Wajar, NU adalah salah satu organisasi kemasyarakatan terbesar di Indonesia yang memiliki dan memegang teguh konsep kebangsaan. Bagi NU, cinta tanah air adalah bagian dari iman.

 

NU Online Jatim (NOJ) juga turut serta dalam gerakan itu. Poster ajakan mengibarkan bendera merah putih pun disebar ke seantero media sosial. Harapannya, seluruh warga bangsa kian terpupuk kecintaannya kepada Indonesia. “Gerakan serentak pasang bendera merah putih 1-31 Agustus 2021,” isi poster NOJ.

 

Ajakan mengibarkan bendera merah putih langsung disambut oleh warga. Salah satunya Faisal Lubis, warga Kabupaten Probolinggo. Bersama warga yang lain, alumni Fakultas Dakwa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya itu memasang bendera merah putih di halaman rumah, Ahad (01/08/2021).

 

“Merdeka,” kata Lubis.

 

Kantor-kantor pemerintah dan swasta pun demikian. Begitu pula dengan PT Kereta Api Indonesia Daop 8 Surabaya. Lokomotif dan gerbong kereta api dihias dengan livery khusus merah putih.

 

“Unsur-unsur yang terkandung dalam livery ini bermakna kesatuan dan persatuan Indonesia dari Sabang hingga Merauke untuk mewujudkan tema HUT RI tahun ini, yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” kata Manager Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangan tertulis.


Metropolis Terbaru