Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Hebat, Seluruh PAC GP Ansor di Sidoarjo Terakreditasi A

Hebat, Seluruh PAC GP Ansor di Sidoarjo Terakreditasi A
Ketua PW GP Ansor Jatim, Gus Syafiq memberikan arahan dan motivasi kepada peserta Konfercab XIV PC GP Ansor Kabupaten Sidoarjo, Ahad (22/11/2020). (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Ketua PW GP Ansor Jatim, Gus Syafiq memberikan arahan dan motivasi kepada peserta Konfercab XIV PC GP Ansor Kabupaten Sidoarjo, Ahad (22/11/2020). (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor tingkat kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo mendapatkan nilai akreditasi A. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur (Jatim), H Syafiq Syauqi.

 

“Ini baru satu-satunya di Jawa Timur, pimpinan cabang yang seluruh PAC-nya terakreditasi A,” kata Gus Syafiq, sapaan akrabnya, saat menyampaikan sambutan dalam Konferensi Cabang (Konfercab) ke-14 Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Sidoarjo, Ahad (22/11/2020).

 

Lebih lanjut, Gus Syafiq menuturkan, PC GP Ansor Kabupaten Sidoarjo selama ini menjadi penyangga setiap kegiatan di kantor PW GP Ansor Jatim. “Kalau ada kegiatan apapun di pimpinan wilayah, pasukan Sidoarjo yang paling siap. GP Ansor Sidoarjo masih istiqamah menjalankan kaderisasi dan menjalankan program-program organisasi,” tuturnya.

 

Dirinya memberikan apresiasi sekaligus sangat bangga dengan kader GP Ansor Sidoarjo yang telah berhasil mereproduksi kadernya secara berkelanjutan.

 

“Kami ucapkan terima kasih, dan kami sangat bangga sekali dengan kader GP Ansor Sidoarjo. Kalau tugasnya Ansor ini mereproduksi kader, GP Ansor Sidoarjo sudah berhasil mereproduksi kader dengan akreditasi A dan kaderisasi yang kesekian puluh kali dilaksanakan. Ini sudah tuntas, masa depan NU di Sidoarjo masih cerah, untuk 5 sampai 20 tahun kedepan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, itu semua tidak lepas dari bantuan para senior, kiai, dan sponsor, sehingga PC GP Ansor Sidoarjo bisa mendapatkan prestasi yang cukup gemilang serta turut andil dalam mewarnai dinamika GP Ansor di wilayah Jawa Timur.

 

“Tugas GP Ansor yang selalu saya ingatkan adalah menjadi khadimul ulama, mengawal cita-cita para kiai, menjadikan warga Indonesia Ahlussunnah wal Jama’ah. Kemudian NKRI tetap utuh ila yaumil qiyamah,” jelasnya.

 

Sementara itu Wakil ketua DPRD Jatim, Hj Anik Maslachah saat ditemui NU Online Jatim disela-sela Konfercab XIV PC GP Ansor Sidoarjo menyampaikan kekagumannya atas kiprah organisasi pemuda NU ini di bidang kemanusiaan, keagamaan, dan sosial selama ini.

 

“Dengan Tagana yang dimilikinya, GP Ansor Sidoarjo selalu cepat tanggap ketika ada bencana alam. Ketika ada gerakan radikal, GP Ansor Sidoarjo juga selalu berada di depan. Oleh karenanya, kita harapkan kedepan GP Ansor Sidoarjo akan lebih hebat lagi,” ujarnya.

 

Konfercab XIV PC GP Ansor Sidoarjo mengusung tema Ansor Hebat, Sidoarjo Bermartabat dilangsungkan di gedung Madrasah Tsanawiyah (Mts) Nurul Huda, Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Konfercab kali ini sangat terasa istimewa karena banyak pejabat yang hadir mulai dari tingkat pusat ke bawah.

 

Turut hadir Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), beberapa anggota DPR RI, Wakil Ketua DPRD Jatim, ketua PW GP Ansor Jatim, PJ Bupati Sidoarjo, Ketua DPRD Sidoarjo, pejabat Organisasi Perangkat  Daerah (OPD) dari dinas pendidikan dan kementerian agama Kabupaten Sidoarjo, Pengurus PC Nahdlatul Ulama (PCNU) beserta jajarannya.

 

Tampak hadir pula, Kapolsek Sedati, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor dari 18 kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo, beberapa pengurus Pemuda Muhammadiyah, KNPI, Pemuda Pancasila, Duta Santri 2020 Kabupaten Sidoarjo, dan tamu undangan lainnya.

 


 

Rangkaian acara Konfercab XIV PC GP Ansor Sidoarjo diawali dengan hiburan hadrah Al-Banjari, tari saman, pembukaan, laporan ketua panitia. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, penganugerahan PAC dan ranting GP Ansor terbaik, doa, serta sidang pleno pertama hingga ketiga.

 

Pada Konfercab XIV ini, H Rizza Ali Faizin secara aklamasi terpilih kembali menjadi ketua PC GP Ansor Sidoarjo masa khidmah 2020-2024.

 

Editor: Romza

PWNU Jatim Harlah