Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Hebat, Siswa MTs Kepulauan Pencil Sumenep Juara 1 Matematika Kemenag RI

Hebat, Siswa MTs Kepulauan Pencil Sumenep Juara 1 Matematika Kemenag RI
Aries Azyunandi, siswa MTs Zainul Hasan Saobi, Kecamatan Kangayan, Sumenep, Madura, bersama kepala sekolah. (Foto: NOJ/F)
Aries Azyunandi, siswa MTs Zainul Hasan Saobi, Kecamatan Kangayan, Sumenep, Madura, bersama kepala sekolah. (Foto: NOJ/F)

Sumenep, NU Online Jatim

Siswa di kepulauan pencil di Kabupaten Sumenep, Madura, tak kalah hebat dengan pelajar-pelajar lain di sekolah-sekolah di perkotaan yang banyak fasilitas. Contohnya Aries Azyunandi, siswa MTs Zainul Hasan Kepulauan Saobi, Kecamatan Kangayan, Kabupaten Sumenep. Dia berhasil meraih juara 1 studi matematika yang diadakan oleh Kementerian Agama RI.

 

Saobi adalah sebuah desa yang secara garis territorial berada di Kecamatan Kangayan, kecamatan yang berada di wilayah kepulauan di Sumenep jauh. Di Desa Saobi, terdapat tiga pulau yang berpenghuni, yakni Pulau Saobi, Sapapan, dan Pulau Bungin Nyarat. Dua puluh pulau lainnya di desa tersebut tidak berpenghuni.

 

Tentu saja prestasi yang diraih Aries membuat bangga para warga dan guru MTs Zainul Hasan. Bagaimana tidak, kendati belajar di sebuah sekolah yang jauh dari perkotaan dan minim fasilitas, namun putra dari pasutri Ahmad Nurullah dan Yati Baiduri itu mampu meraih prestasi tingkat kabupaten.

 

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh penyelenggara, yakni Kementerian Agama RI dan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah, kepada siswa kelas IV itu pada 28 Agustus 2021 lalu.

 

“Awalnya kami ragu, sebab lombanya diselenggarakan secara virtual. Untung saja, para guru di sini membimbing kami,” kata Aries kepada NU Online Jatim, Rabu (01/09/2021).

 

Kepala MTs Zainul Hasan, Syarifuddin Shaleh, Aries dipilih sebagai perwakilan untuk mengikuti lomba setelah melalui seleksi yang diikuti oleh beberapa siswa MTs Zainul Hasan. Aries kemudian dibina dan dilatih menjawab soal-soal matematika.

 

“Alhamdulillah, skor 63 mengantarkan siswa kami menjuarai lomba tersebut dan Aries berhak mendapatkan uang tunai dari kepala lembaga,” kata Pimpinan Anak Cabang (PAC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Kangayan tersebut.

 

Syarifuddin menambahkan, Aries baru kali ini meraih prestasi di tingkat Kabupaten dan tiga kali di tingkat internal lembaga. Ke depan, dia menargetkan siswa-siswanya mengikuti lomba dan olimpiade tingkat nasional dan internasional.

 

Editor: Nur Faishal


Editor:
F1 Promosi