Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Hendak Keluar Rumah? Berdoa Dulu Yuk...

Hendak Keluar Rumah? Berdoa Dulu Yuk...
Saat hendak keluar rumah, sempatkan berdoa. (Foto: NOJ/DIm)
Saat hendak keluar rumah, sempatkan berdoa. (Foto: NOJ/DIm)

Banyak alasan mengapa seseorang harus keluar rumah. Bisa karena pekerjaan, keperluan keluarga, atau hal lain. Pada saat yang sama, kita tidak pernah tahu akan ada peristiwa apa selama dalam perjalanan atau ada di tempat tujuan.

 

Karenanya, Islam menganjurkan untuk tidak lupa membaca doa agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Bacaan tersebut adalah sebagai berikut:

 

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

 

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm

 

Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.

 

Atau bisa dengan versi berikut:

 

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَليَّ

 

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi, allâhumma innî a‘ûdzu bika an adlilla au udlalla, au azilla au uzalla, au adhlima au udhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya.

 

Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari buat zalim atau dizalimi, dari kebodohan atau dibodohi.

 

Keterangan ini dapat dilihat di Muhyiddin Abi Zakariya Yahya ibn Syaraf an-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Al-Hidayah, Surabaya.

 

Iklan promosi NU Online Jatim