Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

HUT ke-76 Jatim, Pimpinan DPRD Minta Pemprov Dukung Potensi Desa

HUT ke-76 Jatim, Pimpinan DPRD Minta Pemprov Dukung Potensi Desa
Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah. (Foto: NOJ/A Toriq A)
Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah. (Foto: NOJ/A Toriq A)

Surabaya, NU Online Jatim

Memperingati HUT ke-76 Provinsi Jatim, Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah berharap Pemerintah Provinsi Jatim benar-benar mewujudkan tagline Jatim Bangkit. Salah satunya memberikan titik tekan pada pemberdayaan potensi yang ada di desa.

 

Hal tersebut dikatakan Anik, lantaran ia melihat saat ini pertumbuhan perekonomian di desa jika benar-benar termanajemen dengan baik, ternyata lebih maju dari pada di kelurahan. Tentunya dengan memberikan kewenangan kreasi untuk pemerintah desa, salah satunya memanfaatkan BUMDes dari dana desa yang tersedia.

 

"Kemiskinan desa dengan kemiskinan kelurahan ini yang lebih turun drastis itu desa. Artinya pemerintahan ini memberikan keleluasaan penuh, perkembangan desa akan naik signifikan," kata Anik saat ditemui di ruangannya, Rabu (13/10).

 

Sekretaris DPW PKB Jatim ini menuturkan, UU nomor 6 tahun 2016, Peraturan Daerah (Perda) tentang Desa Pariwisata menjadi penguat desa dalam memperoleh pendapatan yang mandiri.

 

"Ini termasuk memberikan ruang yang sempit kepada pihak ketiga dan ruang terbuka kepada masyarakat untuk menjaga asetnya melalui desa wisata," tuturnya.

 

Ia pun berharap, meskipun masih dalam kungkungan pandemi Covid-19, desa wisata  tetap maksimal tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

 

"Sehingga dilakukan usaha-usaha tetap dibuka dengan safety, healty, sehingga harus dipersiapkan cuci tangan masker dan yang lainnya," ujarnya.


Editor:
F1 Bank Jatim Syariah (6/12)