Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

HUT Pramuka, Ini Harapan Sako Pramuka Ma’arif NU Malang

HUT Pramuka, Ini Harapan Sako Pramuka Ma’arif NU Malang
Ribut Iswanto, Sekretaris Sako Pramuka Ma’arif NU Kabupaten Malang. (NOJ/Doc. Kak Ribut)
Ribut Iswanto, Sekretaris Sako Pramuka Ma’arif NU Kabupaten Malang. (NOJ/Doc. Kak Ribut)

Malang, NU Online Jatim

Tepat pada hari ini, 14 Agustus 2021 merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 60 Tahun. Rasa bangga beserta suka cita dipaparkan oleh Ribut Iswanto, Sekretaris Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Malang selepas Upacara Ulang Janji Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka setempat, Jum’at (13/08/2021) malam.

 

“Alhamdulillah saat ini Pramuka sudah berusia 60 tahun. Hal ini tentunya patut kita syukuri. Tak hanya itu, kami juga bersyukur bahwa Sako Pramuka Ma’arif Kabupaten Malang mulai tahun 2018 hingga saat ini sudah mengalami perkembangan yang luar biasa. Sako ini berdiri saat awal kepengurusan almarhum Mas Hasan yang saat itu baru menjabat sebagai Ketua Ma’arif Kabupaten Malang,” katanya di Sanggar Pramuka Lawang Kabupaten Malang.

 

Kak Ribut sapaan akrabnya mengatakan bahwa Sako Ma’arif Kabupaten Malang setelah didirikan kala itu langsung aktf di berbagai kegiatan.

 

“Setelah Sako terbentuk kala itu kita sering mengadakan kemah santri dan juga mengikuti perlombaan baik di Sako Pusat maupun Sako Jawa Timur. Saat ini kita Sako Kabupaten Malang sudah mempunyai ribuan Gugus Depan (Gudep). Dan alhamdulillah Sako Ma’arif Kabupaten Malang merupakan salah satu Sako Ma’arif terbesar di Jawa Timur,” imbuhnya.

 

“Ke depan kami ingin meningkatkan sebuah koordinasi konsolidasi Sako Ma’arif Kabupaten Malang. Karena saat ini sebetulnya sudah banyak anggota Ma’arif yang sudah aktif di Pramuka akan tetapi mereka belum mengetahui keberadaan Sako Ma’arif itu. Karena hal ini kami akan bentuk nantinya Sako Ma’arif dimasing-masing kecamatan agar semakin massif,” tambah Kak Ribut.

 

Ia berharap agar Sako Ma’arif Kabupaten Malang semakin mewarnai dan mewadahi Pramuka yang ada.

 

 

“Terakhir, pada momentum HUT ke 60 ini kami berharap Pramuka Sako Ma’arif ini semakin memberi warga dalam gerakan pramuka. Tentunya kami juga siap mewadahi anggota Ma’arif NU untuk mengembangkan pramuka dalam komunitas ini tentunya yang berpaham ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah,” pungkas Kak Ribut.

 

Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim