Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ikhtiar Lahir dan Batin Harus Dilakukan untuk Putus Covid-19

Ikhtiar Lahir dan Batin Harus Dilakukan untuk Putus Covid-19
Corona Virus Diseas 2019. (Foto: NOJ/bc)
Corona Virus Diseas 2019. (Foto: NOJ/bc)

Surabaya, NU Online Jatim
Di akhir Januari 2021, pertumbuhan kasus pandemi Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran di berbagai pihak, termasuk kalangan legislatif.

 

Anik Maslachah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur ini mengatakan, bahwa kendati vaksin Covid-19 sudah ditemukan, namun wajib untuk memohon kepada Allah SWT sebagai wujud ikhtiar batin.

 

“Ikhtiar lahir sudah kita lakukan bersama-sama dengan protokol kesehatan dan vaksin. Sama halnya dengan ikhtiar batin yang tetap harus dijaga bersama-sama. Contohnya NU mulai pusat hingga daerah menginstruksikan untuk menggelar doa bersama secara virtual,” katanya, Senin (25/01/2021).

 

Tidak hanya itu, Anik pun meminta agar pemerintah melakukan hal yang sama sebagai upaya menekan angka kasus Covid-19.

 

“Pemerintah harus melakukan hal yang sama untuk ikhtiar lahir dan batin,” terangnya.

 

Anik juga mengatakan, bahwa doa adalah inti dari ibadah dan sebagai upaya untuk mencegah bala dan bencana.

 

“Dengan berdoa menunjukkan bukti tawakkal kepada Sang Pencipta, berarti meminta pertolongan pada Tuhan Yang Maha Kuasa adalah sebaik-baik manusia yang beriman,” ujarnya.

 

Karena itu, ikhtiar batin sangat penting untuk dilakukan, karena semua hal yang terjadi di alam ini atas kehendak-Nya.

 

“Munculnya mutasi Covid-19 ini lebih cepat menyebar daripada sebelumnya. Maka sudah saatnya kita menyerahkan diri dan tawakkal dengan berdoa bersama-sama, tentu tetap melakukan upaya-upaya lahirpun harus kita lakukan,” pungkasnya.

 

 

Editor: Syaifullah

F1 Promosi Iklan