• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Metropolis

Imbauan Menag Soal Penyaluran Zakat

Imbauan Menag Soal Penyaluran Zakat
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto: ID Menag
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto: ID Menag

Surabaya, NU Online Jatim

Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijiyah semakin dekat. Tentu penyaluran zakat, terutama zakat fitrah jua akan segera dilaksanakan. Untuk itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan agar penyaluran zakat yang dilakukan di berbagai tempat tidak sampai menimbulkan kerumunan.

 

Panitia zakat di masjid dan mushala untuk benar-benar diminta menerapkan protokol kesehatan dalam penerimaan dan penyaluran zakat.

 

Imbauan tersebut disampaikan Gus Yaqut saat Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 bersama Mendagri, Menhub, para kepala daerah, TNI/Polri, dan Kepala Satgas Covid-19 yang digelar secara virtual, Senin (03/05/2021).

 

"Pembagian zakat tidak boleh sampai membuat terjadinya kerumunan. Jangan sampai ada kejadian seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana para mustahik berdesakan," ujarnya di Jakarta sebagaimana dikutip NU Online.

 

Pihaknya akan memonitor dan berkoordinasi dengan para pengelola Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) untuk memaksimalkan pelayanan melalui electronic channel dengan membuka rekening pembayaran zakat dari muzaki (orang yang membayar zakat). "Jadi pembayaran zakat bisa dilakukan melalui electronic channel, sehingga muzaki tidak perlu datang secara fisik," kata Menag.

 

Kebijakan ini juga sudah dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 04 tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H. Sehingga Menag berharap kebijakan ini dapat menjadi panduan bagi perangkat daerah dan aparat keamanan untuk melakukan penindakan bila mana ada pelanggaran protokol kesehatan.

 

"Kebijakan ini hanya akan jadi macan kertas bila mana tidak ada penegakkan di lapangan. Karenanya kami berharap kerja sama pemerintah daerah serta aparat keamanan untuk melakukan penindakan bila terjadi pelanggaran," ujar Menag.

 

Menag Yaqut juga meminta seluruh jajaran Kemenag di daerah untuk senantiasa melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 di daerah masing-masing. “Khususnya untuk memantau protokol kesehatan pada setiap kegiatan peribadatan yang dilakukan umat," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima NU Online.

 

Selain berbicara terkait pengumpulan zakat, Menag juga menyampaikan kebijakan terkait pelaksanaan takbiran dan salat Idul Fitri. Untuk mencegah penularan covid-19, menurut Menag, tidak perlu dilakukan takbiran keliling.

 

 

Takbiran cukup dilakukan di masjid atau mushala setempat dengan memperhatikan protokol kesehatan atau dilaksanakan secara virtual. Sementara, salat Idul Fitri diperkenankan untuk dilaksanakan pada daerah dengan zona hijau atau kuning.
 


Editor:

Metropolis Terbaru