Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Ingin Mengusir Penat? Nikmati Sensasi Ranu Bedali di Kawasan Lumajang

Ingin Mengusir Penat? Nikmati Sensasi Ranu Bedali di Kawasan Lumajang
Menikmati keindahan panorama Ranu Bedali di Klakah, Lumajang. (Foto: NOJ/Twt)
Menikmati keindahan panorama Ranu Bedali di Klakah, Lumajang. (Foto: NOJ/Twt)

Lumajang, NU Online Jatim

Kabupaten Lumajang memiliki sejumlah objek wisata alam yang sangat memukau. Salah satunya adalah Ranu Bedali. Tidak ada salahnya singgah sejenak di sini sembari menikmati sensasi alam dengan danau yang akan mampu mengusir penat.

 

Lokasi tempat wisata ada di Dusun Jatian, Tegalrandu, Klakah. Ranu Bedali merupakan objek wisata alam yang sangat diminati para wisatawan yang berkunjung ke Lumajang.

 

"Banyak warga dan wisatawan yang gemar menikmati suasana sunyi dan sejuk dari Ranu Bedali dengan duduk di sekitar pinggir danau," kata Suherman, warga sekitar.

 

 

Bahkan tidak sedikit fotografer andal juga sering mampir untuk mengabadikan keindahan alam yang memukau. "Hal ini dikarenakan setiap sudut di Ranu Bedali memiliki spot foto yang sangat menarik. Hal tersebut semakin istimewa saat sunset dan sunrise," ungkap Triyuli Astutik, pemilik warung di sekitar ranu.

 

Tidak berhenti sampai di situ, kondisi alam yakni danau yang indah, ditambah dengan pesona air terjun yang sangat sejuk. Ya, air terjun di Ranu Bedali terbilang cukup tinggi dengan debit air yang besar dan deras.

 

Sarat Sensasi

Nilai eksotik lokasi wisata ini didukung ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, demikian pula lokasinya sangatlah luas, yakni 25 hektare. Hal tersebut dibalut panorama alam nan magis, berpagarkan perbukitan hijau yang menakjubkan.

 

Danau tersembunyi dengan kedalaman sekitar 28 meter. Hal itu juga yang membuat jarang dijamah wisatawan, sehingga masih terasa asri. Tak sulit untuk merasakan sejuknya udara di sekitar danau.

 

Ranu Bedali sejatinya merupakan satu dari tiga serangkai danau di Lumajang. Bersama Danau Ranu Klakah dan Danau Pakis, ketiganya didapuk julukan Segitiga Ranu.

 

Karenanya, bila sedang melakukan perjalanan ke kawasan Jember, atau Lumajang sendiri, ada baiknya singgah sejenak di sini. Anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang demikian memukau.

PWNU Jatim Harlah