Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ingin Tenang Beribadah? Taati Aturan Agama dan Negara

Ingin Tenang Beribadah? Taati Aturan Agama dan Negara
KH Suadi Abu Amar, Pengasuh Pesantren Ar-Raudoh Pasuruan. (Foto: NOJ/Makhfud)
KH Suadi Abu Amar, Pengasuh Pesantren Ar-Raudoh Pasuruan. (Foto: NOJ/Makhfud)

Pasuruan, NU Online Jatim

Umat beragama di Indonesia, khususnya kaum muslimin dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan aman. Hal tersebut terjadi lantaran umat Islam taat dengan aturan dalam agama dan negara.

 

Penegasan ini disampaikan KH Suadi Abu Amar, Pengasuh Pondok Pesantren Ar-Raudoh, Tambek Rejo, Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, Kamis (3/12/2020).

 

“Karenanya saya mengimbau kepada masyarakat, khususnya Nahdliyin untuk selalu menjaga kekompakan dan persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI,” katanya.

 

Dalam pandangannya, Indonesia dengan dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945), sudah sesuai dengan yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Saat membangun dan memimpin masyarakat, aturan yang dipakai adalah Piagam Madinah.

 

"Negara kita ini, diciptakan oleh Allah melalui para kiai, ulama dan aulia untuk mengikuti apa yang dijalani Rasulullah yang ada di Madinah," katanya di kediamannya.

 

Lebih jauh dijelaskan bahwa dalam pelaksanaan Undang-Undang 45 dan Pancasila di dalamnya itu sudah termaktub apapun yang ada di dalam al-Qur'an.

 

Kaitannya dengan kondisi bangsa saat ini, Gus Suadi, sapaan akrabnya, menjelaskan kepada masyarakat dan Nahdliyin. Bahwa ketika taat terhadap hukum agama dan negara, semua akan tenang saat beribadah.

 

"Mari kita taat hukum dan taat bernegara, agar kita enak untuk melaksanakan ibadah kepada Allah SWT," pungkasnya.

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim