Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Inspiratif, NU di Gresik Fasilitasi Doa Bersama Virtual untuk Warga

Inspiratif, NU di Gresik Fasilitasi Doa Bersama Virtual untuk Warga
Doa bersama virtual yang diinisiasi PRNU Wotan, Panceng, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).
Doa bersama virtual yang diinisiasi PRNU Wotan, Panceng, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).

Gresik, NU Online Jatim

Wabah pandemi yang tidak berkesudahan membuat gelaran doa bersama di kalangan Nahdliyin kerap dilakukan virtual. Mulai kepengurusan di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hingga di tingkat Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU).

 

Seperti yang dilakukan oleh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Wotan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Hampir setiap hari doa bersama virtual dilakukan untuk mendoakan Nahdliyin yang wafat.

 

Doa bersama virtual warga NU Desa Wotan tersebut dipusatkan di Musholla Asyahidiyah kompleks Taman Pendidikan Tarbiyatus Shibyan, Wotan, Panceng, Gresik, Kamis (08/07/2021).

 

Ketua PRNU Wotan, Sulanam Syam mengatakan, sebagai bentuk ikhtiar dan khidmah di NU kami sengaja menggelar doa bersama virtual. Doa bersama tersebut dikirimkan kepada warga yang meninggal, khususnya warga yang meninggal akibat Covid-19.

 

“Kami sudah siapkan sebelumnya, baik perangkat dan teknisnya, agar gelaran ini bisa diikuti oleh warga Desa Wotan yang tinggal di sini dan yang ada di Malaysia,” ujarnya.

 

Dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya ini menyebutkan, bahwa hal sebagaimana dimaksud merupakan tanggung jawabnya bersama anggota PRNU lainnya yang mesti dicarikan jalan keluar.

 

“Doa bersama virtual ini semoga mampu menjawab keresahan masyarakat yang terjadi saat ini,” imbuhnya.

 

Sulanam pun mengajak warga untuk disiplin menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. Mengingat, hal itu adalah perisai utama dalam melindungi diri dan keluarga.

 

 

“Semoga semua warga diselamatkan dan dijaga Allah, serta virus Covid-19 segera sirna dari Indonesia," pungkasnya.

 

Giat doa bersama virtual tersebut diawali dengan pembacaan Yasin, Tahlil dan Sholawat Thibbul Qulub, serta diakhiri dengan pembacaan doa.

 

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 Bank Jatim