Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

IPNU-IPPNU di Blitar Dirikan Komisariat di Ponpes

IPNU-IPPNU di Blitar Dirikan Komisariat di Ponpes
Prosesi pendirian PKPP di Ponpes Nasyrul Ulum, Modangan, Blitar, Kamis (03/12/2020). (Foto: NOJ/ Muhammad Iswan).
Prosesi pendirian PKPP di Ponpes Nasyrul Ulum, Modangan, Blitar, Kamis (03/12/2020). (Foto: NOJ/ Muhammad Iswan).

Blitar, NU Online Jatim 

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Nglegok bekerja sama dengan Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar mengadakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di Ponpes Nasyrul Ulum, Modangan, Kamis (03/12/2020). Kegiatan ini sekaligus pendirian Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP) Nasyrul Ulum.

 

Makesta pertama yang dilaksanakan di Ponpes Nasyrul Ulum ini diikuti sebanyak 51 peserta IPNU yang dibagi menjadi 2 kelas. Kegiatan ini hanya berlangusng selama satu hari.

 

Ainun Na'im, Ketua Ponpes Nasyrul Ulum menyatakan mendukung pendirian PKPP IPNU-IPPNU sekaligus Makesta. Sebab, para santri juga butuh berorganisasi. "Semoga nantinya (santri) setelah keluar dari Pondok bisa aktif dalam berorganisasi masyarakat khususnya IPNU-IPPNU dan juga semoga setelah adanya Makesta bisa memperluas sekaligus mengembangkan potensial kader-kader pelajar NU yang ada di pondok pesantren," jelasnya.

 

Acara yang berlangsung di Aula Ponpes Nasyrul Ulum ini diisi berbagai macam materi. Yakni Aswaja dan Ke-NUan, Keorganisasian, Kepemimpinan, dan seputar organisasi IPNU-IPPNU. 

 

Ketua PC IPNU Kabupaten Blitar, Sariful Anwar menyampaikan, pendirian PKPP IPNU-IPPNU di Ponpes Nasyrul Ulum ini adalah ketiga kalinya di lingkungan Ponpes yang dilakukan pihaknya. Ini dilakukan juga untuk memenuhi program kerja Departemen Jaringan Pesantren yang menargetkan pendirian 25 PKPP di Kabupaten Blitar.

 

"Kedepan untuk program pendirian PKPP di 25 pesantren tersebut semoga bisa terlaksana semua. Terlebih bisa mendirikan 100 lebih PKPP IPNU-IPPNU di Kabupaten Blitar," ujarnya.

 

 

Sementara itu, Koordinator Departemen Jaringan Pesantren PC IPNU Kabupaten Blitar Ahmad Jazil Mahmudi menambahkan, dirinya bersyukur atas berdirinya serta terselenggaranya Makesta di Ponpes Nasyrul Ulum.

 

"Semoga dengan didirikannya PKPP di Ponpes Nasyrul Ulum Modangan ini bisa mempererat koordinasi antara IPNU-IPPNU dengan Ponpes sekaligus bisa meningkatkan kader IPNU-IPPNU yang ada di Pesantren," pungkasnya.

 

Penulis: Muhammad Iswan

Editor: Romza

Iklan PWNU Jatim