• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Tapal Kuda

IPNU-IPPNU di Jember Bertekad Cetak Kader Pemimpin Andal

IPNU-IPPNU di Jember Bertekad Cetak Kader Pemimpin Andal
Lakmud IPNU-IPPNU Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. (Foto: NOJ/MH)
Lakmud IPNU-IPPNU Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. (Foto: NOJ/MH)

Jember, NU Online Jatim

Kualitas kader merupakan salah satu kompomen terpenting dalam mewujudkan sebuah organisasi yang Ideal dan berkualitas. Oleh karena itu, perlu adanya pengkaderan yang terstruktur dan berkelanjutan untuk menunjang kualitas dari kader tersebut.

 

Seperti yang dilakukan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Para pelajar NU di sana  mengadakan Latihan Kader Muda (Lakmud) pada Kamis (25/03/2021) sampai Ahad (28/03/2021).

 

Kegiatan ini bertempat di Balai Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu dengan tema 'Menyemai tradisi intelektual menuju kader yang ideal'.

 

Ketua Panitia Lakmud Himatul Aliyah menjelaskan, pengkaderan ini dilaksanakan guna mencetak kader yang andal dan militan dalam menghadapi tantangan organisasi ke depan.

 

"Sehingga dengan pengkaderan ini nantinya dapat memberi bekal yang lebih kepada pengurus, anggota maupun calon pengurus baik Pimpinan Ranting (PR), Pimpinan Komisariat (PK) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) agar lebih siap dalam menghadapi tantangan ketika mengelola kader dan mengelola organisasi secara umum," kata Himatul kepada NU Online Jatim, Sabtu (27/03/2021).

 

Menurutnya, pengkaderan ini sangat penting dan berguna dalam mewujudkan kader pemimpin yang andal dan militan, karena di dalamnya diberikan pemahaman meteri dan pelatihan yang sangat baik sehingga mampu menunjang kebutuhan kader.

 

"Di Lakmud kita dibekali cara mengelola organisasi, bagaimana lobiying, bagaimana bekerjasama dengan orang, bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain, dan materi yang lain, yang mana semua itu sangat menunjang kebutuhan seorang kader," tandas Himatul.

 

Selain itu, adanya Lakmud juga sebagai penyeimbang kualitas suatu kader dengan kader yang lainnya agar mampu bersinergi dengan baik dalam mengelola organisasi.

 

"Mengingat dari pendataan yang dilakukan oleh Tim Kaderisasi PAC IPNU IPPNU Kecamatan Ambulu bahwa ternyata masih banyak anggota bahkan pengurus inti dari PR/PK yang belum mengikuti Lakmud sehingga masih belum dapat maksimal dalam memimpin dan mengelola anggota di bawahnya,” ujar Himatul.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru