Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

IPNU IPPNU di Mojokerto Tanamkan Aswaja Sejak Awal Kaderisasi

IPNU IPPNU di Mojokerto Tanamkan Aswaja Sejak Awal Kaderisasi
Gelaran Makesta Masgara IPNU IPPNU Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. (Foto: NOJ/AR)
Gelaran Makesta Masgara IPNU IPPNU Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. (Foto: NOJ/AR)

Mojokerto, NU Online Jatim
Dalam rangka Hari Lahir (Harlah) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) ke-67 dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) ke-66, Pimpinan Anak Ranting (PAC) IPNU IPPNU Kutorejo, Kabupaten Mojokerto kembali menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Gabungan Ranting Dua (Masgara). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari satu malam Sabtu (27/02/2021) hingga Ahad (28/02/2021) digelar di Pondok Pesantren Al-Hidayah Desa Simbaringin, Kecamatan kutorejo, Kabupaten Mojokerto.


Makesta ini diikuti sekitar 80 peserta dari Kecamatan Kutorejo dan sekitar. Panitia acara memperketat protokol kesehatan, sebelum acara dimulai, ada himbauan dan pengecekan oleh Polsek Kuroterjo untuk tetap jaga jarak ,dan tak lupa protokol kesehatan tetap digalakkan. Meskipun cuaca tidak mendukung di hari pertama, namun tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti serangkaian kegiatan, peserta tetap khusyuk dalam menjalankan pengkaderan


Moch Shofiyuddin selaku pemateri keorganisasian menyampaikan rasa bangganya terhadap kader-kader yang meluangkan waktunya di hari libur.

 

"Saya sangat bangga terhadap kader-kader yang mengikuti acara Masgara ini. Di saat pemuda lain di akhir pekan mereka keluar, tetapi kalian memilih untuk mengikuti kegiatan yang positif ini," ujarnya.

 

Dengan mengusung tema 'Mencetak Kader yang Cinta Aswaja', kegiatan ini bertujuan untuk mencetak kader-kader NU yang memiliki nilai aswaja yang tinggi dan kokoh. Hal itu disampaikan oleh ketua IPNU PAC Kutorejo, Bagus Amiruddin.

 

"Kami berharap, berharap setelah lulus dari Masgara, peserta memiliki pemikiran cerdas, ilmiah, nasionalis, tanggung jawab, agamis," ujarnya.

 

Selain peserta, juga beberapa tamu undangan turut hadir dalam acara pembukaan Masgara, diantaranya Pengurus Cabang (PC) IPNU IPPNU Mojokerto, Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kutorejo, Kepala Desa Simbaringin, dan selaku tuan rumah pengasuh pondok pesantren Al Hidayah Simbaringin Kutorejo turut hadir di pembukaan acara ini.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayah Simbaringin kutorejo, KH Agus Mashadi, dalam sambutannya ia menyampaikan pesan untuk para hadirin.

 

"Kalau kita cinta dunia akan medapat kesakitan, kalau kita cinta Allah akan mendapat ketenangan," ucapnya.


Menariknya adalah terdapat beberapa peserta yang usianya sangat muda dan sudah mengikuti Makesta, diantaranya kader IPNU yang masih duduk dibangku SD kelas 5, dan kader IPPNU yang masih duduk di bangku SMP kelas 7.

 

Editor: Risma Savhira

PWNU Jatim