Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

IPNU-IPPNU Gemarang Madiun Tutup Pondok Ramadlan dengan Kitab Kuning

IPNU-IPPNU Gemarang Madiun Tutup Pondok Ramadlan dengan Kitab Kuning
Penutupan Pondok Ramadlan oleh IPNU-IPPNU Gemarang, Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/BM)
Penutupan Pondok Ramadlan oleh IPNU-IPPNU Gemarang, Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/BM)

Madiun, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun, menutup kegiatan pondok Ramadlan dengan buka bersama Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) kecamatan setempat di halaman Masjid Al Makmun, Kamis (06/05/2021).

 

Pondok Ramadlan merupakan salah satu kegiatan yang disusun oleh Dapartemen Organisasi PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Gemarang. Kegiatan dimulai sejak 23 April 2021 lalu. Dalam acara penutupan, hadir Ketua MWCNU Gemarang, Darul Muchtar.

 

"Saya yakin pemuda IPNU-IPPNU Gemarang sekarang ini tidak diragukan lagi dari segi kualitas, karena ada yang sudah terjun ke pendidikan, kuliah dan sebagainya. Namun, yang terpenting saat ini adalah siapa yang mau istiqamahnya dalam berjuang di NU. Jadilah IPNU-IPPNU yang berprestasi dan mandiri dalam berbagai hal," kata Darul dalam sambutannya.

 

Pondok Ramadlan difokuskan pada kegiatan mengkaji Kitab Ahlussunnah wal Jamaah karya pendiri NU Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari. Pematerinya ialah pembina IPNU-IPPNU setempat, Mubtadi’ Ghozali. Kajian dilaksanakan setiap sore setelah shalat Ashar. Kajian dipungkasi pada penutupan Kamis lalu.

 

Selain kajian kitab, di pondok Ramadan juga ada kegiatan khataman per ranting yang pelaksanaannya bertepatan saat Nuzulul Qur'an, serat turun bawah (TURBA) dari Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU Kabupaten Madiun.

 

Sekretaris PA IPNU-IPPNU Gemarang Binti Munawaroh menyampaikan bahwa kegiatan Pondok Ramadlan itu selain mencari keberkahan di bulan suci Ramadlan, juga untuk menjalankan tradisi dan mensyiarkan kitab kuning di kalangan pelajar Gemarang, dan mendekatkan hubungan antara ranting dan PAC.

 

Penulis : Binti Munawaroh

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan