Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

IPNU-IPPNU Ponggok Blitar Jalani Ramadlan dengan ‘Irama’

IPNU-IPPNU Ponggok Blitar Jalani Ramadlan dengan ‘Irama’
Siswa-siswi peserta pondok Ramadlan mendengarkan penjelasan dari IPNU-IPPNU Ponggok, Kabupaten Blitar, dalam kegiatan Irama. (Foto: NOJ/INF)
Siswa-siswi peserta pondok Ramadlan mendengarkan penjelasan dari IPNU-IPPNU Ponggok, Kabupaten Blitar, dalam kegiatan Irama. (Foto: NOJ/INF)

Blitar, NU Online Jatim

Untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadlan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, mengadakan progam ‘Indahnya Ramadlan Mengajar’ (Irama) di setiap Pimpinan Komisariat lembaga pendidikan di seluruh Kecamatan Ponggok.

 

“Programnya namanya Irama atau disebut dengan ‘Indahnya Ramadhan Mengajar’. Jadi, dari PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Ponggok membantu dalam proses mengajar saat pondok Ramadlan yang dilaksanakan di lembaga pendidikan yang ada di Kecamatan Ponggok,” kata Wakil Ketua IV PAC IPPNU Ponggok Fadlilatul Ilmi Amaliya kepada NU Online Jatim, Kamis (22/04/2021).

 

Dilla, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa Irama merupakan sarana untuk menjalin silaturrahim antara PAC dengan PK yang ada di setiap lembaga pendidikan se Kecamatan Ponggok. Selain itu, Irama juga untuk mengaktifkan kegiatan di tingkatan PK, serta mengajak pelajar di tingkat PK ikut berpartisipasi dalam kegiatan PAC.

 

“Dengan menjalin kerjasama kepada kepala sekolah serta guru di lembaga pendidikan Ma’arif, kegiatan ini menyasar siswa-siswi, baik di Madrasah Tsanawiyah maupun di Madrasah Aliyah,” ujar Dilla.

 

Sistemnya, dari PAC mengirimkan delegasi untuk mengajar. Materi yang disampaikan adalah terkait dengan IPNU-IPPNU, keorganisasian, kepemimpinan, dan juga Corps Brigade Pembangunan (CBP) Korp Pelajar Putri (KPP). Tujuannya agar siswa-siswi mengerti lebih luas dan  memahami tentang IPNU dan IPPNU.

 

“Materi yang kami sampaikan ini merupakan suatu langkah untuk mengenalkan IPNU-IPPNU di tingkat Mts dan MA,” kata Dilla.

 

Editor: Nur Faishal

PWNU Jatim