Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

IPPNU Madiun Bekali Santri Tata Kelola Administrasi

IPPNU Madiun Bekali Santri Tata Kelola Administrasi
Pelatihan Administrasi Pesantren yang digelar oleh PC IPPNU Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/ Mirna Nur Asyiah)
Pelatihan Administrasi Pesantren yang digelar oleh PC IPPNU Kabupaten Madiun. (Foto: NOJ/ Mirna Nur Asyiah)

Madiun, NU Online Jatim

Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap 22 Oktober banyak dirayakan sejumlah kalangan dengan caranya masing-masing. Seperti yang dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Madiun yang mengadakan 'Pelatihan Administrasi Pesantren'.

 

Kegiatan yang dipusatkan di Pondok Pesantren Al Falah Mlaten Kecamatan Geger Kabupaten Madiun, Selasa (19/10) tersebut diikuti santri putri pesantren setempat. Adapun pematerinya Ketua PC IPPNU Kabupaten Madiun, Dewi Kurniawati.

 

Dalam penjelasannya, Dewi mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat tepat dilakukan pada momentum HSN 2021 ini. Apalagi kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas santri dalam pengelolaan administrasi pesantren.

 

"Hari Santri merupakan hari bersejarah bagi pesantren dan santri di semua daerah. Oleh karenanya, kami berusaha untuk meningkatkan peran santri salah satunya dalam hal mengelola administrasi,” tuturnya.

 

Menurut Dewi, administrasi merupakan hal penting untuk mendukung kinerja lembaga pesantren serta mengoptimalkan potensi kesekretariatan secara umum.

 

Selain itu, persoalan administrasi juga turut memiliki peran penting dalam kemajuan sebuah lembaga pesantren. Sebab itu, ciri pokok pesantren dianggap maju terlihat dari tata kelola administrasinya.

 

"Salah satu hal penting yang mendukung kemajuan lembaga pesantren yaitu tertib administrasi. Maka dari itu, pelatihan administrasi pesantren ini sangat perlu dilakukan agar pesantren semakin maju dan berdaya saing," pungkasnya.


Editor:
F1 Bank Jatim Syariah (6/12)