Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Jaga Imun saat Pandemi Covid-19, Bisa Coba Jamu Produk Fatayat NU di Pamekasan

Jaga Imun saat Pandemi Covid-19, Bisa Coba Jamu Produk Fatayat NU di Pamekasan
Jamu Tradisional karya Fatayat NU Ranting Ranting Bangkes Kadur, Kabupaten Pamekasan. (Foto : NOJ/ Ach. Syarofi).
Jamu Tradisional karya Fatayat NU Ranting Ranting Bangkes Kadur, Kabupaten Pamekasan. (Foto : NOJ/ Ach. Syarofi).

Pamekasan, NU Online Jatim

Keberadaan Covid-19 (Corona) masih perlu diwaspadai. Tidak bisa diabaikan begitu saja seolah kita kebal. Berbagai cara bisa dilakukan untuk kewaspadaan diri atas virus berbahaya tersebut. Salah satunya menjaga daya tahan tubuh supaya tetap bugar. Atau menjaga imunitas tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit.

 

Menjaga imunitas tubuh memang banyak cara, bisa dengan berolahraga maupun mengkonsumsi minuman bervitamin. Seperti jamu-jamu tadisional yang juga diyakini bisa menjaga daya tahan tubuh atau menjaga imunitas tubuh tetap bugar.

 

Inilah yang diyakini pengurus Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Ranting Bangkes Kadur Pamekasan. Mereka berhasil menyulap rempah-rempah yang berada di desanya menjadi jamu tradisional yang di beri nama "JATRA" Jamu Tradisional Madura.

 

Jamu JATRA ini merupakan hasil racikan dari  kunyit, jahe, kunci, kunyit putih, temu lawak, temu ireng, cabai jamu, daun beluntas, daun asem, daun sirih, daun sirsak, daun jambu biji, daun delima putih, gula aren dan garam.

 

Jamilatus Sa'diyah, Ketua Fatayat NU Ranting Bangkes menuturkan, manfaat dari jamu JATRA ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. "Bisa memelihara kesehatan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi migrain," tutur mahasiswa penerima beasiswa di Universitas Malang (UM) & Universitas Brawijaya (UB) Malang tersebut, Rabu (09/08/2020).

 

Ia merasa bangga kepada anggotanya bisa menghasilkan program kerja yang nyata. "Saya tentu merasa bersyukur dan bangga pada sahabat Fatayat yang sudah mampu mengimplementasikan program kerjanya menjadi suatu produk yang membawa manfaat tidak hanya untuk anggota Fatayat Ranting Bangkes, tapi juga untuk masyarakat secara umum," imbuh Jamilah, sapaannya.

 

Produk JATRA ini kedepan diharapkan bisa semakin berkembang dan maju di taraf lokal maupun nasional.  "Hingga saat ini JATRA  al-hamdulillah laris, harganya pun sangat bersahabat, tentu Produk ini saya harapkan kedepannya semakin berkembang,  disukai banyak orang,  dan mampu menjaga warisan budaya Indonesia," harap Jamilah.

 

Sementara Nyai Sitti Mailah, Ketua PC Fatayat NU Pamekasan memberikan apresiasi kepada Fatayat NU Ranting Bangkes. "Terimakasih kepada Fatayat Ranting Bangkes telah menghasilkan kreatifitas melalui jamu JATRA ini, tentu ini sangat selaras dengan tema konferensi cabang Fatayat kemaren tentang kemandirian Fatayat NU untuk kemaslahatan ummat," tuturnya.

 

"Semoga semakin maju dan berkembang dan bisa menjadi contoh untuk Fatayat yang lain," pungkas Nyai Siti Mailah.

 

Editor : Romza

 

PWNU Jatim