Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Jaga Tradisi Amaliyah NU, Ketua PAC Ansor di Ponorogo ini Keliling Desa

Jaga Tradisi Amaliyah NU, Ketua PAC Ansor di Ponorogo ini Keliling Desa
Kegiatan shalawatan ibu-ibu di Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. (Foto : NOJ/ Erwin Suganda).
Kegiatan shalawatan ibu-ibu di Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. (Foto : NOJ/ Erwin Suganda).

Ponorogo, NU Online Jatim

Guna memastikan dan menjaga tradisi amaliyah Nahdlatul Ulama (NU) dijalankan dengan baik ditengah mayarakat meamng perlu berbagai upaya dilakukan. Salah satunya seperti yang dilakukan Jaka Irawan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo.

 

Jaka turun langsung ke desa-desa hingga dusun-dusun untuk memastikan tradisi amaliyah NU dijaga dengan baik oleh masyarakat. Ia tidak ingin amaliyah tradisi yang ada ditengah masyarakat hilang ditelah kemajuan zaman.

 

Apa lagi Kecamatan Sawoo ini letak geografisnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Terenggalek, dan jauh dari pusat perkotaan. "Di kecamatan Sawoo ibu-ibu yang muda sampai yang tua sudah banyak yang aktif berkegiatan keagamaan. Misalnya yasinan, tahlilan dan sholawatan dzibak'an maupun habsynan. Seperti di Desa Pangkal sudah ada 7 group sholawat yang personilnya ibu-ibu dengan jadwal latihan saya bagi 1 Minggu 1 kali latihan. Waktu siang maupun malam," kata Jaka, Sabtu (26/09)

 

Ia menambahkan, saat mendampingi ibu-ibu dalam kegiatan keagamaan dirinya tidak sendirian. Bahkan banyak anggotanya yang tertarik dalam kegiatan tersebut. "Sejak tahun 2018, ada anggota ansor yang kami ajak," ujarnya.

 

Jaka berharap, melalui kegiatan rutin yang sudah berjalan sekian tahun ini dapat menumbuh kembangkan semangat masyarakat dari tingkat desa. Bahkan sampai tingkat dusun dalam kegiatan keagamaan.

 

"Membumikan shalawat di pelosok dusun bahkan berbasis lingkungan, semua mempunyai group shalawat," pungkasnya.

 

Editor : Romza

Iklan Hari Santri